Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ikan Beri Peluang Peningkatan Produksi Hasil Perikanan di PPU

7 Oktober 2024 15:03 WIB
Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ikan (Poklahsar) di PPU.
Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ikan (Poklahsar) di PPU. ( (Ist))

Sonora.ID - Budidaya ikan air tawar di Kabupaten Penajam Paser Utara – PPU yang mengalami peningkatan, menimbulkan potensi produksi yang besar dan harus dipasarkan dengan baik agar kesejahteraan nelayan di PPU juga meningkat. Adapun budidaya ikan lokal yang dikembangkan seperti ikan patin, lele dan nila.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara – PPU - Rozihan Azward mengatakan, untuk memaksimalkan penyerapan produksi hasil perikanan budidaya, pihaknya mendukung pembentukan Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ikan (Poklahsar) di PPU. Kelompok ini bertujuan menciptakan sinergi antara para pelaku usaha pengolahan ikan dan produsen ikan budidaya.

Baca Juga: Nelayan PPU Gunakan Tehnologi Untuk Mencari Ikan

Dengan adanya Poklahsar, diharapkan produksi hasil perikanan budidaya di Kabupaten PPU dapat lebih optimal. Poklahsar nantinya akan terintegrasi dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), yang selama ini sudah mengembangkan perikanan air tawar.

Pokdakan berada di bawah naungan Bidang Perikanan Budidaya dan Lingkungan Diskan Kabupaten PPU, sementara Poklahsar dikelola oleh Bidang Penguatan Daya Saing Diskan Kabupaten PPU.

Sinergi antara kedua kelompok ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk ikan air tawar, serta memberikan nilai tambah bagi para pelaku usaha di daerah ini. Dengan langkah ini, Diskan PPU menunjukkan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan sektor perikanan dan olahan pangan yang berbahan dasar ikan, sekaligus meningkatkan perekonomian lokal. (ADV)

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm