BI Sulut Beri Edukasi dan Tingkatkan Kesadaran Transaksi QRIS dalam Pemilihan Putra Putri Bitung (PPB) 2024

8 Oktober 2024 06:05 WIB
BI Sulut Beri Edukasi dan Tingkatkan Kesadaran Transaksi QRIS dalam Pemilihan Putra Putri Bitung (PPB) 2024.
BI Sulut Beri Edukasi dan Tingkatkan Kesadaran Transaksi QRIS dalam Pemilihan Putra Putri Bitung (PPB) 2024. ( )


Manado, Sonora.ID - Sebagai bagian dari sinergi dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan strategis dalam mengomunikasikan kebijakan sistem pembayaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara menjadi salah satu sponsor utama dalam ajang pemilihan Putra Putri Bitung (PPB) 2024.

Dukungan ini bertujuan untuk memperluas digitalisasi transaksi pembayaran di Kota Bitung melalui penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Dukungan diwujudkan melalui pembekalan kepada 22 finalis PPB terkait program Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah, QRIS, serta pelindungan konsumen (PeKa). Sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan volume transaksi QRIS, voting untuk finalis favorit PPB dilakukan menggunakan metode pembayaran QRIS.

Pada ajang PPB 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara memberikan gelar “Putra Putri QRIS, CBP, PeKa Kota Bitung” berdasarkan penilaian deep interview oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara serta video edukasi terkait sistem pembayaran digital dan pelindungan konsumen yang dibuat dan dipublikasikan oleh para finalis di media sosial.

Deep interview dilakukan untuk menguji pemahaman para finalis tentang CBP Rupiah, sistem pembayaran digital, dan pelindungan konsumen.

Baca Juga: Peran Besar BI Jabar Dalam Pertumbuhan & Stabilitas Ekonomi di Jawa Barat

Di sisi lain, video yang dibuat finalis PPB bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan awareness masyarakat untuk melakukan transaksi menggunakan QRIS termasuk dalam pembayaran Pajak dan Restribusi Daerah, menanamkan rasa cinta, bangga, dan pemahaman terhadap Rupiah, serta mampu menjelaskan upaya yang dilakukan Bank Indonesia untuk menjamin kepastian hukum dalam memberikan pelindungan kepada konsumen.

Ircham Andrianto Taufick selaku Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengolahan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara menjelaskan Puncak acara Grand Final Pemilihan Putra Putri Bitung 2024 berlangsung pada 5 Oktober 2024 di Kantor DPRD Kota Bitung, dan dihadiri berbagai pejabat Kota Bitung.

Acara dibuka dengan sambutan dari Walikota Kota Bitung yang diwakili Asisten 1 Setda, Bapak Forsman Ferdikunrat Taghupiwoba Dandel. Pada acara tersebut, gelar “Putra QRIS, CBP, PeKa Kota Bitung” diraih oleh Darryel Adithya A. Welkin dan “Putri QRIS, CBP, PeKa Kota Bitung” diraih oleh Julia Angelica Anquine Bojoh. Pemberian gelar tersebut dilakukan oleh Ircham Andrianto Taufick.

Selanjutnya pada puncak acara, Zulcivli Laiya dan Rivaivel Teddy Oliver Pioh dinobatkan sebagai “Putra Putri Bitung 2024”.

Pemberian gelar tersebut dilakukan oleh Miss Grand International 2016, Ariska Putri Pertiwi, yang menjadi salah satu juri pada acara tersebut.

Ircham menyampaikan bahwa dukungan terhadap acara ini merupakan bagian dari strategi komunikasi untuk mengedukasi masyarakat tentang penggunaan QRIS dalam transaksi sehari-hari.

Ia juga menyebutkan bahwa volume transaksi QRIS selama ajang PPB 2024 mencapai 34.453 transaksi.

Selanjutnya, para finalis PPB 2024 akan membantu Bank Indonesia dalam menyosialisasikan QRIS, CBP Rupiah, dan Pelindungan Konsumen kepada masyarakat Kota Bitung, guna mendukung transformasi Bitung menjadi "Kota Digital." tutupnya.

Penulis : Steve Rawis

Penulis
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm