BI Sulut, TPID, dan TP2DD Gelar HLM, di Kabupaten Sitaro Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi

8 Oktober 2024 06:45 WIB
BI Sulut, TPID, dan TP2DD Gelar HLM, di Kabupaten Sitaro Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi.
BI Sulut, TPID, dan TP2DD Gelar HLM, di Kabupaten Sitaro Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi. ( )


Sonora.ID - Perwakilan Bank Indonesia menggelar High Level Meeting (HLM) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Senin (07/10/2024) sore. HLM ini diikuti oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Sitaro.

Kepala Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuko dalam sambutan dan pemaparannya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Sitaro karena aktif melakukan upaya dalam pengendalian inflasi.

"Program Gerakan Sitaro Menanam, antara lain, sebagai upaya untuk stabilisasi lonjakan harga bahan pangan, yang pada gilirannya juga mengendalikan inflasi di daerah. Juga beberapa program untuk pengendalian inflasi. Kami sangat mengapresiasi upaya Pemkab Sitaro," kata Prasmuko.

Selain itu, kata Prasmuko, juga fasilitas kerja sama antardaerah dalam pasokan komoditas pangan ke Sitaro. Seperti beras, cabe, dan hortikultura. Ada juga upaya alokasi 20 persen dana desa untuk kegiatan pengendalian inflasi.

Baca Juga: BI Sulut Beri Edukasi dan Tingkatkan Kesadaran Transaksi QRIS dalam Pemilihan Putra Putri Bitung (PPB) 2024

"Dan juga upaya pengendalian inflasi oleh TPID melalui berbagai kanal media sosial untuk menjaga ekspektasi masyarakat akan tingkat inflasi, khususnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro Denny Kondoj yang membacakan sambutan Penjabat Bupati Joi Oroh memaparkan sejumlah program sebagai upaya pengendalian inflasi. Antara lain Gerakan Sitaro Mananam, lomba menanam antardesa, gerakan pasar murah

"Syukur, pada tahun ini Sitaro berprestasi dalam pengendalian inflasi sehingga mendapat insentif fiskal dari pemerintah pusat (Rp5 miliar lebih) dalam bentuk kegiatan pasar murah dan pangan murah," ungkap Sekda Kondoj.

Pemkab Sitaro juga, katanya, ada Gerakan Pangan Murah melalui Dinas Pangan dan Pertanian untuk membantu keterjangkauan bahan pangan pokok di masyarakat, terutama ketika mengalami lonjakan harga untuk komoditas seperti beras, minyak goreng, gula, cabe.

"Sebagai wilayah kepulauan, stabilitas ekonomi dan keuangan terutama ketersediaan pangan seperti beras, minyak goreng, cabe, dan lain-lain, Kabupaten Sitaro sangat bergantung pada pasokan daerah lain seperti Manado, Bitung, dan Minahasa dan sekitarnya. Bila terjadi cuaca buruk, pasokan terganggu dan harga pasti naik. (Kondisi) itu kita sudah alami berkali-kali," ujarnya.

Sebelumnya Andry Prasmuko menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada sejumlah penerima berupa sekolah, lembaga keagamaan (gereja) dan kelompok usaha menjahit.

"Pemberian bantuan sosial untuk rumah ibadah, sekolah, dan kelompok penjahit merupakan PSBI sebagai kepedulian sosial keagamaan, pendidikan, dan kelompok masyarakat. Pilihan pemberian terhadap kelompok-kelompok ini karena ada alasan mendasar dalam pembentukan karakter serta perilaku masyarakat," ungkap Prasmuko.

HLM ini turut dihadiri Ketua TP PKK Sitaro Ny Maya Oroh-Rumengan, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Sitaro Agus Tonny Poputra, para Kepala SKPD terkait di Pemkab Sitaro, perwakilan Forkopimda, Kepala BPS Sitaro, pimpinan BSG Siau, dan undangan lainnya.

Penulis: Steve Rawis

Penulis
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm