Budidaya Kepiting di PPU Butuh Benih Berkualitas

8 Oktober 2024 10:56 WIB
Ilustrasi budidaya kepiting.
Ilustrasi budidaya kepiting. ( Ist)

 

Penajam, Sonora.ID - Potensi budidaya kepiting di Kabupaten Penajam Paser Utara – PPU sangat besar.

Namun budidaya tersebut memerlukan bibit yang berkualitas sehingga hasil budidaya-nya bisa meningkat yang ujungnya akan memperkuat ketahanan pangan lokal.

Untuk memenuhi bibit kepiting ini, Dinas Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara – Diskan PPU terus berupaya untuk mencarikan bibit yang berkualitas, karena selama ini benih yang digunakan oleh para pembudidaya lokal masih mengandalkan sumber dari alam.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya dan Lingkungan Diskan Kabupaten PPU – Musakkar  mengungkapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah berhasil melakukan pembenihan yang berkualitas di Jepara - Jawa Tengah dan ini bisa menjadi model yang baik untuk diadaptasi di PPU.

Musakkar yang ditemui usai talkshow bersama Radio Smart FM Balikpapan di Desa Babulu Laut, Jumat (4/10/2024) menegaskan, pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan komunitas pembudidaya untuk menemukan solusi yang tepat dan efektif.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD PPU Sarankan Disusun Rencana Induk Bangun Jalan

Lebih lanjut, Musakkar menjelaskan bahwa tantangan ini perlu diurai oleh pemerintah daerah dengan melakukan kajian mendalam untuk memastikan bahwa upaya pembenihan dan pembibitan kepiting dapat berjalan optimal.

Untuk sementara, jika pembudidaya kita menemukan kepiting yang bertelur, maka mereka akan memeliharanya dengan cara yang lebih sistematis.

Proses ini melibatkan pemisahan kepiting yang bertelur dari kelompoknya dan menempatkannya di tambak tertentu hingga telur-telur tersebut menetas menjadi bibit baru yang siap dibudidayakan. Musakkar juga menambahkan bahwa keberhasilan dalam proses pembibitan ini dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk kondisi alam, kualitas air, serta pasang surut laut. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan produktivitas kepiting di PPU dapat meningkat, memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat setempat. (Adv)

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm