Satgas Karhutla Kalsel Terus Basahi Lahan, Ring Satu Bandara Syamsudin Noor Jadi Prioritas

8 Oktober 2024 11:45 WIB
Pembasahan lahan di ring satu Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru
Pembasahan lahan di ring satu Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru ( Fakhrurazi)

Banjarbaru, Sonora.ID – Satuan Tugas (Satga) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil menangani kebakaran seluas 400 hektare dari total 790 hektare lahan yang terbakar tahun ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Raden Suria Fadliansyah menjelaskan bahwa pihaknya terus membasahi kawasan hutan dan lahan guna mengurangi resiko terjadinya kebakaran.

“Satgas Karhutla terus melakukan pembasahan lahan untuk mengurangi risiko terbakarnya lahan saat musim kemarau,” ujar Suria saat meninjau lokasi pembasahan di kawasan ring satu Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, pada Senin (09/10).

Suria menjelaskan, dibanding tahun sebelumnya, Karhutla di Kalsel tahun ini cukup terkendali. Selain kerja keras Satgas darat dan udara, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi akhir-akhir juga turut membantu penanganan Karhutla.

“Alhamdulillah hujan sangat membantu kita dalam mengatasi Karhutla,” sebutnya.

Baca Juga: Antisipasi Puncak Kemarau, Sekda Sumsel Minta Satgas Karhutla Tingkatkan Kewaspadaan

Diakui Suria, meski cukup terkendali namun karhutla dalam skala kecil masih terjadi di sejumlah daerah di Kalsel. Termasuk areal lahan gambut di sekitar Bandara Syamsudin Noor dan hutan lindung Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

“Oleh karena itu kami terus melakukan aksi pembasahan gambut di wilayah tersebut sejak dua pekan terakhir,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Suria, pihaknya juga mulai mempersiapkan antisipasi kerawanan bencana hidrometeorologi berupa banjir, longsor dan angin kencang seiring datangnya musim penghujan pada akhir Oktober mendatang.

"Berdasarkan prediksi BMKG akhir Oktober akan memasuki musim penghujan, sehingga kita mulai mempersiapkan langkah antisipasi bencana musim penghujan," tuturnya.

PenulisFakhrurazi
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm