DPRD PPU Siap Anggarkan untuk Penanganan Abrasi

8 Oktober 2024 14:47 WIB
Wakil Ketua DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Yusup.
Wakil Ketua DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Yusup. ( Ist)

Penajam, Sonora.IDDPRD Penajam Paser Utara (PPU) siap memperjuangkan anggaran untuk penanganan abrasi di sejumlah wilayah termasuk di Kelurahan Sungai Parit dan Nipah-Nipah.

Bukan hanya di APBD PPU, DPRD PPU juga meminta agar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Kaltim untuk membuat perencanaan untuk penanganan abrasi.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Yusup.

Ia  meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kaltim, untuk merencanakan dan menganggarkan untuk mengatasi abrasi di sejumlah wilayah di PPU.

Ia mengatakan, saat ini abrasi cukup parah itu terjadi di Kelurahan Nipah-Nipah dan Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam.

Baca Juga: Budidaya Kepiting di PPU Butuh Benih Berkualitas

Bahkan semakin tahun abrasi semakin parah sehingga perlu segera dilakukan penanganan yang lebih serius.

“Kami harapkan Bappada Kaltim bisa membuat perencanaan untuk mengatasi abrasi di PPU. Kalau sudah perencanaan mudah-mudahan bisa dianggarkan melalui APBD Kaltim,” jelasnya.

Ia mengakui bahwa untuk persoalan abrasi ini sudah harus menjadi skala prioritas untuk diselesaikan khususnya bagi Pemprov Kaltim.

Ia mengatakan, penanganan abrasi ini bisa dilakukan dengan membangun pemecah ombak agar saat ombak besar tidak langsung menghantam pesisir Pantai.

Politisi Golkar ini menilai bahwa penanganan abrasi ini bukan hanya untuk mengantisipasi agar daratan tidak berkurang, namun bagaimana faktor keselamatan Masyarakat menjadi prioritas utama.

“Saya khawatir kalau ini dibiarkan lama-lama nanti akan merusak rumah warga. Apalagi di Tanjung Jumlai itu kan sudah parah juga,” katanya.

Mengenai penanganan abrasi di Tanjung Jumlai yang sudah dilakukan Pemprov Kaltim, ia mengaku bersyukur karena anggarannya bersumber dari APBD Kaltim.

Mengenai anggaran PPU, ia mengatakan bila masuk dalam skala prioritas bisa dianggarkan sepanjang kemampuan anggaran daerah mencukupi.

“Ngga masalah juga dianggarkan di APBD PPU sepanjang itu skala prioritas dan keuangan kita mencukupi,” katanya. (Adv /DPRDPPU)

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm