Burhanudin Ahad Nahkodai Forum Pembauran Kebangsaan Kalbar

9 Oktober 2024 23:30 WIB
( )

 

Pontianak, Sonora.ID – Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, secara resmi melantik H. Burhanudin Ahad sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat untuk periode 2024-2027, Rabu (9/10/2024). 

Acara pelantikan yang berlangsung khidmat di Balai Petiti Kantor Gubernur ini menjadi momen penting dalam memperkuat komitmen bersama untuk menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah Kalimantan Barat.

Dengan kepemimpinan H. Burhanudin, diharapkan FPK dapat memainkan peran yang lebih aktif dalam membangun kerukunan antarberbagai elemen masyarakat.

Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Kalbar yang diwakili Dirintel Polda Kalbar, Kombes Pol Munizar, Pangdam XII/Tpr yangdiwakili Asintel Kodam XII/Tpr, Kolonel Arh. Donny Indiawan, S.I.P.,M.I.P, perwakilan Danlanud Supadio, Perwakilan Danlantamal XII/Pontianak, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Ketua-ketua Organisasi Adat serta tokoh masyarakat, perwakilan organisasi kemasyarakatan, serta jajaran pemerintah daerah yang turut mendukung terciptanya pembauran kebangsaan yang solid di provinsi ini.

Acara diawali dengan penampilan tarian multi etnis yang menggambarkan keberagaman budaya yang ada di Kalimantan Barat, yang saat ini terdiri dari 24 etnis yang tergabung dalam Perkumpulan Merah Putih (PMP) dan tertuang dalam tarian Nusantara pembuka acara pelantikan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat.

 Baca Juga: Lanjutan Turnamen Kapolri Cup 2024, Putri Kalbar Tembus Semifinal

Dalam sambutannya, dr. Harisson menyampaikan pentingnya peran FPK sebagai wadah yang mendorong integrasi sosial dan keharmonisan antar etnis, suku, dan budaya di Kalimantan Barat.

“Tarian multi etnis yang ditampilkan tadi menggambarkan keberagaman etnis dan budayanya, dan jika kita rawat dan diramu dengan kebersamaan ternyata membuat kita senang dan tenang sehingga persatuan serta kesatuan itu bisa membahagiakan kita semua,” ujar  Harisson. 

Dia berharap di bawah kepemimpinan H. Burhanudin Ahad, FPK dapat terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dan masyarakat guna menjaga kebhinekaan dan memperkuat rasa persatuan di tengah keragaman yang ada.

“Saya atas Nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan terimakasih kepada Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat periode 2021-2024 Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Rihat Natsir Silalahi beserta pengurus yang telah melaksanakan tugasnya dan saya ucapkan selamat bekerja kepada Bapak Burhanudin Ahad sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat periode 2024-2027,” ucapnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar itu mengatakan jika di Nusantara ini ribuan etnis yang ada, dan 24 diantaranya ada di Kalimantan Barat tentu jika semua terus merawat dan menjaga serta melakukan pembauran maka kondisi Kalimantan Barat ini akan baik-baik saja apalagi menjelang Pilkada serentak nanti. 

“Kita semua berharap suasana jelang pilkada serentak ini bisa terus terjaga dengan baik, peran Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat sangat dibutuhkan, kita diuntungkan Pilkada saat ini didahului dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres),” terangnya.

Harisson mengatakan dengan sudah usainya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) membuat suasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tidak sepanas seperti Pilkada pada tahun-tahun sebelumnya.

 

Dia juga menyampaikan harapannya kepada seluruh pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat serta seluruh elemen Masyarakat untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dengan menjaga stuasi aman damai sehingga mendapat pemimpin secara Demokratis.

Sementara itu H. Burhanudin Ahad, dalam pidato perdananya sebagai Ketua FPK, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia berkomitmen untuk melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh kepengurusan sebelumnya dan berupaya meningkatkan peran aktif FPK dalam menciptakan suasana kondusif bagi pembangunan sosial di Kalimantan Barat.

“Saya atas nama Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) menngucapkan terimaksih atas kepercayaan dan atensi Bapak Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar serta semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini, dukungan serta arahan guna berjalannya peran FPK ini bisa terlaksana sebagaimana tujuan Pokok dan Fungsi (Tupoksi) organisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK),” ucapnya.

H. Burhanudin Ahad juga mengajak semua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kalimantan Barat yang baru saja dilantik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar ini bisa melaksanakan pembauran dan merawat persatuan serta kesatuan bangsa khususnya di Kalimantan Barat.

"Marilah kita semua bahu membahu menjaga keberagaman yang ada di Kalimantan Barat ini khususnya dan Di Ndonesia Umumnya, sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas kepercayaan kepada kami telah ditunjuk sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kalimantan Barat periode 2024-2027,” tutupnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm