Doktor Muda PMDSU, Talenta Emas Indonesia di Bidang Riset dan Inovasi

10 Oktober 2024 15:00 WIB
Doktor Muda PMDSU, Talenta Emas Indonesia di Bidang Riset dan Inovasi
Doktor Muda PMDSU, Talenta Emas Indonesia di Bidang Riset dan Inovasi ( )

Sonora.ID - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) kembali menyelenggarakan program beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) tahun 2024.

Beasiswa PMDSU merupakan program yang diperuntukan bagi sarjana unggul untuk mempercepat pendidikan menjadi lulusan doktor pada usia muda melalui penelitian dan inovasi. Program ini diharapkan turut meningkatkan kualitas SDM Diktiristek menuju Indonesia Emas 2045.

Program beasiswa PMDSU sudah berjalan hingga angkatan kedelapan dan berhasil menerima sebanyak 200 peserta pada tahun 2024 ini. Peserta tersebut terpilih untuk menempuh studi jenjang S-2 dan S-3 di 15 perguruan tinggi penyelenggara di Indonesia. Mereka akan dibimbing oleh 176 promotor selama delapan semester atau empat tahun, dimulai pada semester ganjil 2024/2025 hingga semester genap 2027/2028.

Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek, Lukman, meresmikan para penerima beasiswa PMDSU batch VIII ini dengan harapan bisa mencetak doktor muda yang memiliki publikasi internasional. Untuk itu, ia mengimbau calon doktor muda ini untuk memiliki perencanaan yang matang mulai dari perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang.

“Proses publikasi internasional tidaklah mudah. Ini butuh riset yang memang luar biasa dan akan dikolaborasikan Adik-Adik dengan para supervisor-nya nanti. Ini yang kami harapkan dari kementerian bahwa Adik-Adik bisa lulus tepat waktu dan bisa diterima tanpa harus melamar kerja. Itu yang kami harapkan dari program beasiswa PMDSU,” ujar Lukman pada acara Pembekalan Beasiswa PMDSU Batch VIII di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, (9/10).

Ketua Tim Kerja Pembinaan Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Juniarti D. Lestari mengungkapkan bahwa beasiswa PMDSU sudah diresmikan oleh Kepala Staf Kepresidenan bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ke dalam kategori program unggulan untuk bidang riset dan inovasi dalam desain besar manajemen talenta nasional.

Baca Juga: Passing Grade Seleksi Tes Bakat Skolastik (TBS) LPDP Tahap 2 2024

“Beasiswa PMDSU sudah masuk ke dalam salah satu program unggulan untuk bidang riset dan inovasi dalam desain besar manajemen talenta nasional yang tadi siang secara resmi sudah diluncurkan oleh Kepala Staf Kepresidenan bersama Bappenas,” kata Juniarti.

Beasiswa ini menjadi suatu upaya pemerintah agar mempercepat jumlah SDM pendidikan tinggi, riset, dan teknologi berkualifikasi S-3 di Indonesia. Maka dari itu, seleksi yang tidak mudah dirasakan oleh para calon doktor untuk menghadapi Indonesia Emas 2045.

“Pada batch delapan tahun 2024 ini (terdapat) dua ribu pelamar. Setelah melewati tiga tahap seleksi (yaitu) seleksi akademik di perguruan tinggi, kemudian seleksi langsung dari para promotor, dan yang ketiga seleksi beasiswa yang dilakukan oleh pengelola sumber daya. Setelah melewati tiga tahapan seleksi, ditetapkan sebanyak 200 peserta penerima beasiswa PMDSU 2024,” Juniarti menambahkan.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm