Kampus UTA 45 Jakarta Gelar Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Kelompok Gaga Lestari Desa Pantai Sederhana,Muara Gembong, Bekasi

11 Oktober 2024 19:59 WIB
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UTA 45 Jakarta Fauziah dalam kegiatan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Nelayan, Muara Gembong, Kab Bekasi
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UTA 45 Jakarta Fauziah dalam kegiatan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Nelayan, Muara Gembong, Kab Bekasi ( Dok UTA 45)

Bekasi,Sonora.Id - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menjadi bagian dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh tenaga pendidik dosen.

Dengan skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat tim pelaksana Hibah Pendanaan dari Kemendikbud Ristek UTA’45 Jakarta yang diketuai oleh Fauziah Dosen prodi Ilmu Komunikasi yang beranggotakan 2 orang yaitu Andi Saidah dosen Teknik Mesin dan Bobby Reza Dekan FEBIS UTA’45 Jakarta dan dosen Bisnis Digital, melakukan kerjasama mitra dengan kelompok Gaga Lestari yang berlokasi di Desa Pantai Sederhana Muara Gembong Bekasi.

Dengan judul Pengabdian Kepada Masyarakat “Pengembangan Usaha Bandeng Presto Desa Pantai sederhana Muara Gembong Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Digital Marketing” diharapkan kerjasama mitra dapat membantu perekonomian masyarakat daerah tersebut dan berkelanjutan.

Penghasilan masyarakat Desa Pantai Sederhana didapatkan sebagai nelayan tambak, potensi ikan bandeng di daerah tersebut sangat banyak. Namun penghasilan yang didapatkan dari hasil tambak hanya cukup untuk makan sehari-hari. Keterbatasan warga disana dalam mengolah ikan bandeng menjadi produk yang layak dijual dan bernilai tinggi menjadi tantang tersendiri bagi tim pelaksana pengabdian masyarakat dari UTA’45 Jakarta.

Kegiatan tim pelaksana yang mulai dilakukan pada Agustus 2024 berlokasi di Desa Pantai Sederhana berlangsung dengan kondusif. Dimulai dengan survey lokasi dan melakukan FGD dengan perangkat desa setempat, tim pelaksana mencatat beberapa hal penting yang harus dilakukan dan apa yang dibutuhkan mitra.

Kemudian tim pelaksana melakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan sertifikasi halal, pembuatan label produk dan sosialisai penggunaan digital marketing.
Umar selaku pembina UKM Gaga Lestari menyatakan bahwa “terbentuknya Kelompok Gaga Lestari adalah untuk membantu perekonomian masyarakatnya khususnya ibu-ibu, supaya punya penghasilan sendiri dan dapat membantu ekonomi keluarganya”

Saipul Bahri selaku ketua kelompok Gaga Lestari juga menilai bahwa dengan adanya UKM Gaga Lestari saya berharap ekonomi rumah tangga saya dapat meningkat dan ibu-ibu anggota Gaga dapat kreatif mengolah ikan bandeng”

Sementara itu Ketua tim PKM UTA’45 Jakarta Fauziah menyatakan kegiatan PKM dengan program kemitraan diharapkan dapat berkelanjutan dan meningkatkan perekonomian keluarga desa Pantai Sederhana dan juga masyarakat dapat menggunakan gadget sebagai alat untuk memasarkan produk bandengnya.

"Kegiatan pelatihan dan sosialisasi berlangsung kondusif, semua peserta sangat antusias dan banyak bertanya," ujar Fauziah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm