Penumpang Commuterline Wilayah 2 Bandung Tembus 4 Juta, Perhari Angkut 43 Ribu Penumpang (
)
Bandung, Sonora.ID - Pada triwulan ketiga tahun ini (Juli - September) jumlah penumpang Commuterline di Wilayah 2 Bandung mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data terbaru, kenaikan ini mencapai 113% dibandingkan triwulan tahun 2023.
"Ada beberapa faktor yang memengaruhi peningkatan ini, diantaranya sudah semakin baiknya layanan dan fasilitas yang disediakan oleh PT KAI Commuter sehingga makin meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam memanfaatkan Commuterline," ucap VP Corporate Secretary Commuter Joni Martinus, dikutip dari siaran persnya, Jumat (11/10/2024).
"Masyarakat semakin memilih Commuterline sebagai moda transportasi utama untuk beraktivitas sehari-hari, baik untuk keperluan kerja, sekolah, maupun kegiatan lainnya. Efisiensi waktu dan biaya yang ditawarkan juga menjadi salah satu alasan tingginya minat penumpang," ungkap Joni.
Joni menjelaskan, di triwulan ketiga ini total melayani hingga 4.043.872 penumpang Commuterline.
"Ada peningkatan sebesar 113,81% dibandingkan dengan Triwulan III tahun sebelumnya yang mencatat 3.553.212 penumpang," jelas Joni.
"Sedangkan untuk total volume penumpang sepanjang 2024 hingga 30 September tercatat sebanyak 11.802.889 penumpang meningkat 9,37% dibandingkan tahun sebelumnya. Di periode yang sama tahun lalu tercatat sebanyak 10.791.650 penumpang" ungkap Joni.
Lebih lanjut Joni mengungkapkan, peningkatan jumlah penumpang Commuterline di wilayah 2 Bandung ini juga tercermin pada rata-rata penumpang harian.
"Pada tahun 2024 ini rata-rata penumpang Commuterline di Wilayah 2 Bandung sebanyak 43.076 penumpang per hari. Dibandingkan tahun 2023 lalu, peningkatannya mencapai 8,97% dari rata-rata 39.530 penumpang per hari," ungkap Joni.
“Ini menjadi torehan yang membanggakan, lantaran adanya peningkatan volume penumpang Commuterline di Wilayah 2 Bandung,” kata Joni.
"Ini menunjukkan antusiasme sekaligus kepercayaan penumpang Commuterline di Bandung Raya semakin membaik terhadap KAI Commuter," imbuhnya.
Sementara itu, lanjut Joni, selama triwulan ketiga 2024, Stasiun Bandung yang juga menjadi stasiun integrasi dengan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), merupakan stasiun pemberangkatan dan stasiun tujuan dengan volume pengguna terbanyak. Tercatat, sebanyak 544.540 penumpang yang berangkat dan 597.694 penumpang yang datang di stasiun tersebut.
Sementara itu, Stasiun Cikarang yang juga stasiun integrasi dengan KAJJ dan Commuterline Jabodetabek, mencatat 419.302 penumpang yang berangkat dan 434.561 penumpang yang datang di stasiun tersebut.
Menghadapi tren peningkatan volume penumpang, KAI Commuter terus meningkatkan layanannya dengan mengoperasikan 58 perjalanan Commuterline di Wilayah 2 Bandung setiap harinya.
KAI Commuter mengoperasikan 40 perjalanan Commuterline Bandung Raya, 10 perjalanan Commuterline Walahar, 2 perjalanan Commuterline Cibatuan, 2 perjalanan Commuterline Jatiluruh dan 4 perjalanan Commuterline Garut.
"Kami sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap layanan Commuter Line di Wilayah 2 Bandung,” kata Joni.
Dengan capaian yang terus meningkat ini, KAI berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pelayanan dan inovasi untuk menghadirkan layanan kereta komuter sebagai transportasi pilihan utama masyarakat.
"Pencapaian ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk selalu lebih baik lagi,” pungkasnya.