KPU Jabar Jamin Penyandang Disabilitas & Lansia Dapat Salurkan Hak Pilihnya Tanpa Kendala

12 Oktober 2024 19:25 WIB
 KPU Jabar saat bimtek tata kelola logistik pasca pemilu di Bandung, Jumat (11/10/2024) lal
KPU Jabar saat bimtek tata kelola logistik pasca pemilu di Bandung, Jumat (11/10/2024) lal ( KPU Jabar)

Bandung, Sonora.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan petugas khusus dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia). Hal ini dilakukan untuk memastikan partisipasi semua warga pada Pilkada serentak November 2024 mendatang.
 
"Petugas khusus ini disiapkan untuk memberikan bantuan yang bagi pemilih disabilitas ataupun lansia, seperti membantu mereka mengakses TPS, memahami proses pemilihan, serta menyediakan fasilitas khusus atau template atau alat bantu yang sesuai," ucap Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Barat, Hari Nazarudin, dikutip dari laman jabar.kpu.go.id , Sabtu (12/10/2024).
 
 
Upaya ini, lanjut Hari, merupakan komitmen KPU Jabar dalam menciptakan pemilu yang inklusif dan adil bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa diskriminasi.
 
"Ya, ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah disabilitas dan juga lansia yang kami siapkan," kata Hari.
 
Menurutnya, sejak tahap perencanaan, KPU Jabar telah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk kelompok disabilitas. 
 
"Semisal untuk kelompok tunanetra, setiap TPS itu diwajibkan menyediakan template atau alat bantu yang sesuai," kata Hari.
 
Untuk itu, Hari menekankan pentingnya aksesibilitas lokasi TPS, dan memastikan bahwa semua TPS berada di tempat yang mudah dijangkau.
 
Selain itu, KPU Jabar juga akan menyiapkan Petugas Pelayanan (POM) khusus yang bertugas membantu pemilih disabilitas dan lansia. 
 
 
"Kami ingin memastikan bahwa semua pemilih, termasuk yang membutuhkan bantuan, dapat memberikan suara mereka dengan nyaman," ungkap Hari.
 
Sebelumnya, Hari juga menekankan pentingnya mitigasi terhadap kemungkinan keadaan darurat, seperti bencana atau cuaca buruk, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024. 
 
Mengingat beberapa wilayah di Jabar berpotensi mengalami hujan, KPU Jabar juga telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi yang sesuai dengan kondisi masing-masing daerah.
 
"Kami harus memitigasi hal-hal yang harus kami antisipasi, karena setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda, seperti pegunungan, dataran, atau pesisir," pungkas Hari.
 
Dengan langkah-langkah ini, KPU Jabar berharap semua masyarakat termasuk penyandang disabilitas, dapat berpartisipasi aktif dalam pemilihan kepala daerah pada pemilu serentak November mendatang.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm