2 Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi yang Singkat dan Beragam Tema

15 Oktober 2024 19:05 WIB
Kumpulan contoh teks eksposisi klasifikasi yang singkat, pendek, dan beragam tema.
Kumpulan contoh teks eksposisi klasifikasi yang singkat, pendek, dan beragam tema. ( freepik)

Sonora.ID - Apa itu teks eksposisi? Teks eksposisi adalah teks yang di dalamnya terdapat sejumlah pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat, dan mudah untuk dipahami.

Teks eksposisi ini memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya, yakni:

  1. Menjelaskan berbagai informasi tentang pengetahuan.
  2. Gaya informasinya bersifat mengajak.
  3. Penyampaiannya lugas dan menggunakan bahasa baku.
  4. Tidak memihak, artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca.
  5. Berisi rangkaian informasi yang bersifat objektif dan netral.
  6. Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat konkretasi.

Selanjutnya, teks eksposisi memiliki struktur teks yang disusun terdiri atas tesis (pembuka), argumentasi (isi), dan penegasan ulang.

  1. Tesis: Dapat berupa pengenalan suatu masalah, pengenalan isu, atau pertanyaan umum yang akan menggiring para pembaca untuk dapat memahami inti dari masalah yang hendak (akan) disampaikan.
  2. Argumentasi: Point-point serta hal-hal penting yang berada dalam teks eksposisi. Isi dari bagian ini dapat berupa ide-ide pikiran yang ingin diutarakan oleh penulis kepada para pembaca dari masalah yang dibahas.
  3. Penegasan Ulang: Berisikan pengulangan beberapa pernyataan yang telah disampaikan yang bertujuan untuk meyakinkan para pembaca terkait kebenaran pada bagian pernyataan (tesis).

Teks eksposisi dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis, contohnya, teks eksposisi definisi, teks eksposisi proses, teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi perbandingan, teks eksposisi laporan, dan teks eksposisi klasifikasi.

Dalam artikel ini kita akan secara khusus belajar mengenai contoh teks eksposisi klasifikasi. Teks eksposisi klasifikasi adalah karangan teks yang memaparkan sesuatu hal dengan mengelompokkannya agar hal tersebut dapat tergambar jelas.

Berikut ini kumpulan contoh teks eksposisi klasifikasi yang singkat dan pendek, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 6 Contoh Teks Eksposisi Pertentangan: Beragam Tema, Sesuai Struktur

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi yang Singkat dan Beragam Tema

Contoh 1

Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, plastik pembungkus makanan dan botol. Kemudian Sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun dan lain-lain.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm