Hari Pangan Dunia, Karanganyar Luncurkan Gerakan Kenyang Tanpa Nasi

16 Oktober 2024 13:00 WIB
Pj Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi memberikan sambutan saat peringatan Hari Pangan Dunia di Halaman Kantor Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar, Rabu (16/10/2024).
Pj Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi memberikan sambutan saat peringatan Hari Pangan Dunia di Halaman Kantor Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar, Rabu (16/10/2024). ( Tribunjateng.com)

Karanganyar, Sonora.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar meluncurkan sebuah gerakan bernama "Kenyang Tidak Harus Nasi" sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi komoditas non beras di masyarakat.

Inisiatif ini disampaikan oleh Penjabat Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, dalam apel peringatan Hari Pangan Dunia dan Gerakan Pangan Murah yang berlangsung di Halaman Kantor Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar pada Rabu (16/10/2024).

Dalam sambutannya, Timotius, yang akrab disapa Timo menegaskan bahwa pemerintah akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk mendukung gerakan tersebut.

Melalui surat edaran ini, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan untuk menyajikan hidangan non beras dalam acara-acara yang diadakan setiap hari Rabu.

"Setiap Rabu kita instruksikan ke setiap OPD untuk menyajikan hidangan yang mengedepankan komoditas non beras," ungkap Timo di sela-sela acara.

Baca Juga: Pemuda Ambruk Saat Nobar Timnas Indonesia di Solo, Ini Penyebabnya

Pj Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Titis Sri Jawoto, menambahkan bahwa Kabupaten Karanganyar memiliki potensi besar dalam produksi komoditas non beras.

"Komoditas non beras banyak diproduksi oleh masyarakat kita, sehingga kami berharap OPD dapat menyajikan olahan dari komoditas tersebut setiap Rabu," jelasnya.

Lebih lanjut, Titis menyampaikan bahwa Kabupaten Karanganyar menempati urutan kesembilan dalam indeks ketahanan pangan tingkat nasional, sebuah pencapaian yang patut dibanggakan.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras para petani, dinas, dan semua pihak yang terlibat atas pencapaian tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm