Tiga Puluh Pembudidaya Ikan di PPU Ikuti Bimtek Budidaya Nila Salin di Yogyakarta

16 Oktober 2024 20:05 WIB
Bimtek Budidaya Ikan Nila Salin di Yogyakarta yang diikuti oleh Pokdakan PPU.
Bimtek Budidaya Ikan Nila Salin di Yogyakarta yang diikuti oleh Pokdakan PPU. ( )

Sonora.ID - Sebanyak 30 pembudidaya ikan dari Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Nila Salin di Yogyakarta, pada 8-11 Oktober 2024.

Bimtek ini diinisiasi oleh Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten PPU untuk meningkatkan kapasitas pembudidaya ikan di daerah tersebut.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Lingkungan Diskan PPU, Musakkar, menyampaikan bahwa pelatihan efektif berlangsung selama dua hari.

Namun, pihaknya mengalokasikan waktu empat hari sejak keberangkatan hingga kepulangan para peserta.

Materi pelatihan disampaikan oleh narasumber dari Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya (BPTPB) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Pemkab PPU Bersama UGM Akan Membangun Kampus Lapangan Studi Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan

Peserta mendapatkan materi terkait nila salin, persiapan kolam, pemilihan bibit, pakan, dan manajemen pemberian makan ikan nila salin.

Selain itu, mereka juga mempelajari manajemen kualitas air, pengendalian hama, dan penyakit, serta melakukan observasi lapangan di kawasan budidaya ikan nila salin.

Dalam observasi tersebut, peserta diberikan penjelasan mengenai pemeliharaan kolam serta terlibat dalam diskusi dan evaluasi.

Ikan Nila Merah Salin, atau Nilasa, merupakan salah satu komoditas unggulan BPTPB DIY.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm