Sonora.ID - Simak artikel ini untuk mengetahui kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 102 Kurikulum Merdeka dari Buku Matematika Kelas 9 SMP/MTs merupakan karya dari Subchan, Winarni, Muhammad Syifa'ul Mufid, Kistosil Fahim, dan Wawan Hafid Syaifudin.
Bagi sebagian siswa, matematika merupakan salah satu mata pelajaran paling sulit sekaligus menakutkan.
Maka dari itu, banyak berlatih soal matematika dapat membantu para siswa agar lebih menguasai dan memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 102 ini dapat digunakan sebagai acuan oleh siswa maupun orang tua ketika mendampingi dan memberikan petunjuk apabila anak kesulitan.
Namun agar dapat menguasai materi dengan baik, anak tetap diharapkan untuk mengerjakan tugasnya dengan kemampuan mereka sendiri terlebih dahulu.
Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 81 82, Kurikulum Merdeka
Pada halaman ini para siswa diminta untuk mengerjakan soal tentang Sumbu Simetri dan Titik Optimum.
Tak perlu berlama-lama, berikut kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 102.
y = 2x² – 5x
a = 2 b = -5 c = 0
x = -b/2a
= -(-5)/2(2) = 5/4
b. y = 3x² + 12x
y = 3x² + 12x
a = 3 b = 12 c = 0
x = -b/2a
= -(12)/2(3)
= -12/6
= -2
y = -8x² – 16x – 1
a = -8 b = -16 c = -1
x = -b/2a
= -(-16) / 2(-8)
= 16/-16
= -1
y = -6x² + 24x – 19
a = -6 b = 24 c = -19
Maka:
-D/4a = -(b2 – 4ac) / 4c
-(242 – 4 (-6) (-19) / 4(-6)
= -(576 – 456)/-24 -(120)/-24
= 5
y = 2/5x² – 3x + 15
a=⅖ b=-3 c=15
Maka:
-D/4a = -(b2 - 4ac) / 4c
-(-32 - 4(⅖) 15) / 4. ⅖
-(9-24)/8/5
15/8/5
= 15.5/8
= 75/8
y = -3/4x² + 7x – 18
a=-¾ b=7 c=-18
Maka:
-D/4a = -(b2 - 4ac) / 4c
-(72 - 4(-3/4) (-18)) / 4 (-3/4)
=-(49-54) / -3
5/-3
a. y= 2x²+9x
Sumbu x saat y
2x² + 9x=0
x (2x+ 9) =0
maka:
× = 0 atau 2x + 9 = 0
2x=-9
x=-9/2
jadi titik (0,0) ; (-9/2,0) sumbu y saat x=0
y = 2x2 + 9x
y = 2(0)2 + 9(0)
y=0
Maka titik (0,0)
Jadi titik baliknya adalah
xa = -b/2a = -9/2(2) = -9/4
ya = -b2 - 4ac / 4a
ya = -b2 - 4ac / 4a
ya = - (92 - 4.2.0) / 4(2)
ya = - (81-0)/8
ya = -81/8
Koordinat titik balik:
(-9/4, -81/8)
(-2,25; -10,125)
y = 8x² – 16x + 6
Sumbu x ketika y = 0
8x2 - 16x + 6=0
(4x- 2)(2x-3) =0
Maka:
4x - 2=0
4x=2
x= 2/4 = 1/2
dan 2x - 3 = 0
2x= -3
x=-3/2
Maka titik (1/2,0) ; (-3/2,0)
sumbu y ketika x = 0
y= 8x² - 16x+6
y = 8(0)2 - 16(0) +6
y= 6
Maka:
Koordinat (0,6) sehingga titik baliknya adalah
xa = -b/2a = -(-16) / 2(8) = 16/16 = 1
ya = 8(1)2 - 16(1) +6
ya = 8 - 16+6
ya=-2
Koordinat (1, -2)
U1 = a(1)² + b(1) + c
U1 = a + b + c
U2 = a(2)² + b(2) + c
U2 = 4a + 2b + c
U3 = a(3)² + b(3) + c
U3 = 9a + 3b + c
Eliminasi
4a + 2b + c = 7
a + b + c = 1
3a + b = 6
6a + 2b = 12
9a + 3b + c = 16
a + b + c = 1
8a + 2b = 15
8a + 2b = 15
6a + 2b = 12
2a = 3
a = 3/2
Subtitusi
6 (3/2)+ 2b = 12
9 + 2b = 12
2b = 3
b = 3/2
a + b + c = 1
3/2 + 3/2 + c = 1
c = -2
Suku ke-100
Un = an² + bn + c
U100 = 3/2(100)² + 3/2(100) + (-2)
U100 = 3/2. 10000 + 3/2. 100 – 2
U100 = 15000 + 150 – 2
U100 = 15148
U1 = 0
U2 = -9
U3 =-12
a(1)² + b(1) + c = 0
a + b + c = 0
c = - a - b
Subtitusi
a(2)² + b(2) + c = -9
4a + 2b + c = -9
4a + 2b + (-a-b) = -9
4a + 2b – a – b = -9
3a + b = -9
a(3)² + b(3) + c = -12
9a + 3b + c = -12
9a + 3b + (-a – b) = -12
8a + 2b = -12
4a + b = -6
3a + b = -9
4a + b = -6
-a = -3
a = 3
3a + b = -9
3(3) + b = -9
b = -18
c = -a – b
c = - 3 + 18 = 15
Un = 3n² – 18n + 15
Nilai minimum turunan barisan
6n – 18 = 0
6n = 18
n = 3
Nilai minimum saat n = 3
U3 = -12
Substitusi (2) ke (1)
10a + (-6a) = 12
4a = 12, a = 3
b = -6(3) = -18
c = 36 - 49(3) - 7(-18)
c = 15
Maka, nilai minimum fungsi x:
-b² - 4ac / 4a
-(-18)² - 4(3)(15) / 4(3)
-144/12
-12
y = (b2-4ac) / (-4a)
3 = (62 - 4.2(-m)) / (-4.2)
3 = (36 + 8m) / (-8)
3(-8) = 36 + 8m
-24 - 36 = 8m
-60 = 8m
m = -7,5
Nilai N lebih besar apabila x + 1 > x
1995 nilai x = 0
1996 nilai x=1
1997 nilai x=2
2002 nilai x=7
Maka, pelanggan maksimum akan terjadi pada tahun 2002 dengan x = 7,
subtitusi x ke persamaan N
N = 17,4x2 + 36,1x + 83,3
= 174(7)2 + 36,1(7) + 83,3
= 1,1886 miliar pengguna
Jika x + y = 30
y = 30 -x
dan x.y = x (30 - x)
= 30x - x2
30 - 2x = 0
30 = 2x
15 = x
y = 30 -x
= 30 - 15
= 15
Sehingga, dua bilangan tersebut adalah 15 dan 15
Jika y - x = 10
y = 10 +x
yx = h
(10 + x)x = h
h = x2 + 10x
Maka a = 1, b = 10, c =0
y = ax² + bx + c
x =-b/2a x= -10/2
x = - 5
y = 10 + (-5)
y = 5
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 55 56 Kurikulum Merdeka