Otak Pintar, Terobosan Baru Disbunak Kalsel Kembangkan Ternak Itik

19 Oktober 2024 10:35 WIB
Peternakan itik di Kota Banjarbaru
Peternakan itik di Kota Banjarbaru ( Fakhrurazi)

Banjarbaru, Sonora.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) memiliki terobosan baru dalam mengembangkan ternak itik.

Terobosan yang dimaksud adalah Otak Pintar (Optimalisasi Peternak Itik Pola Integrasi Multi Pihak Terkolaborasi) yang merupakan kolaborasi Pemerintah daerah dengan sejumlah instansi dan lembaga yang membuka peluang dan kemudahan bagi para peternak itik untuk meningkatkan kualitas produksi, baik daging maupun telur itik.

Di sela-sela peninjauan peternakan itik di Kota Banjarbaru, pada Jumat (18/10), Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Kalsel, Edi Santoso menjelaskan bahwa tujuan program Otak Pintar adalah untuk membantu pembudidaya atau peternak, agar mampu menghasilkan telur atau daging itik yang lebih berkualitas.

Otak pintar merupakan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan peternak itik dengan cara memberikan pembinaan, pendampingan, serta pemberian beragam bentuk bantuan

"Dalam kunjungan ini kami memberikan bantuan disinfektan dan akan disusul dengan pemberian vitamin," ujar Edi.

Baca Juga: Memasuki Musim Hujan, Pemprov Kalsel Siaga Hadapi Bencana 'Batingsor'

Melalui Inovasi Otak Pintar, diharapkan ada penambahan jumlah produksi, baik telur maupun daging itik yang mampu menyuplai pasokan itik bagi dalam dan luar daerah kalsel

"Diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para peternak," harap Edi.

Melalui Otak Pintar, lanjut Edi, Disbunak Kalsel mengagendakan pendampingan pemantauan secara berkelanjutan

"Dengan memanfaatkan teknologi digital, data perkembangan peternakan itik lebih mudah diakses, mulai data di tingkat kabupaten hingga provinsi," pungkasnya..

Otak Pintar menggandeng Bank Kalsel dalam pemberian pinjaman tanpa bunga dengan maksimal pinjaman Rp 50 juta dengan tenor paling lama 18 bulan.

Baca Juga: Kolaborasi Satgas Darat, Udara & Hujan Bantu Tangani Karhutla Kalsel

PenulisFakhrurazi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm