Bimtek DLH PPU, Kasubdit Perencanaan Teknis Kementerian PUPR Beberkan Permasalahan Pengelolaan Sampah di Indonesia

21 Oktober 2024 21:00 WIB
Bimtek DLH PPU, Kasubdit Perencanaan Teknis Kementerian PUPR Beberkan Permasalahan Pengelolaan Sampah di Indonesia
Bimtek DLH PPU, Kasubdit Perencanaan Teknis Kementerian PUPR Beberkan Permasalahan Pengelolaan Sampah di Indonesia ( )

Yogyakarta, Sonora.ID - Kasubdit Perencanaan Teknis Kementerian PUPR Marsaulina Pasaribu blak-blakan mengungkap permasalahan pengelolaan sampah di Indonesia saat memberi materi dalam Bimtek pengelolaan sampah DLH PPU.

Disampaikan Marsaulina Pasaribu pemetaan permasalahan sampah di Indonesia ada beberapa hal mulai soal peraturan, kelembagaan, peran masayarakat hingga teknis dan pembiayaan.

"Untuk peraturan kita di Indonesia belum semua Kabupaten atau kota memiliki payung hukum terhadap pengelolaan sampah juga belum adanya penegakan hukum," Katanya.

Khusus di kelembagaan lanjut Marsaulina belum ada pemisahan operator dan regulator termasuk kemampuan SDM terbatas.

"Yang tidak kalah penting peran masyarakat dimana pemahaman masyarakat terkait pengelolaan sampah masih rendah dan ketertarikan masing-masing pihak (pemerintah, swasta, masyarakat dan Perguruan tinggi) yang belum terpadu," Tuturnya.

Khusus di masalah teknis, disampaikan Kasubdit Perencanaan Teknis itu yakni kesulitan mencari lahan, dokumen perencanaan pengelolaan sampah kurang memadai, kegiatan pengurangan sampah pada sumbernya belum maksimal, termasuk pengelolaan sampah di TPA dengan metode pembuangan terbuka dan penetapan teknologi pengelolaan sampah yang canggih masih terbatas serta offaker pemanfaatan sampah terolah belum terpetakkan.

"Untuk pembiayaan yang banyak mengalami masalah yaitu komitmen anggaran pengelolaan sampah di kabupaten atau kota terbatas, alternatif pendanaan pengelolaan persampahan terbatas dan praktik pola KPBU yang masih terbatas," pungkasnya.

Baca Juga: Bimtek Menejemen Pengelolaan Sampah, Kepala DLH PPU: Meningkatkan Kualitas SDM

Sementara itu, kepala Dinas Lingkungan Hidup PPU Safwan berharap Bimtek ini bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia terkait manajemen pengelolaan sampah.

"Kita ingin memberikan pemahaman yang sama bagi para pengelola sampah dalam pengelolaan sampah di PPU," Katanya.

Adapun Bimtek menejemen pengelolaan sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) digelar di Hotel Cavinton Malioboro Yogyakarta mulai tanggal 18 dan 19 Oktober 2024.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm