3 Khutbah Jumat tentang Sumpah Pemuda, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

24 Oktober 2024 16:39 WIB
Ilustrasi 3 Khutbah Jumat tentang Sumpah Pemuda, Penuh Makna dan Menyentuh Hati
Ilustrasi 3 Khutbah Jumat tentang Sumpah Pemuda, Penuh Makna dan Menyentuh Hati ( )

Sonora.ID – Berikut beberapa contoh khutbah Jumat Sumpah Pemuda, penuh makna dan menyentuh hati yang dapat dijadikan referensi bagi yang membutuhkan.

Setiap tanggal 28 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yaitu Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda menjadi tonggak sejarah yang mengukuhkan semangat persatuan dan kesatuan di antara para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia.

Ikrar Sumpah pemuda memiliki arti yang mendalam bahwa di tengah keragaman, pemuda Indonesia siap bersatu untuk memperjuangkan cita-cita kemerdekaan.

Maka dari itu, dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda 2024 tema khutbah Jumat tentang Sumpah Pemuda sangat cocok dibawakan khatib saat sholat Jumat.

Berikut 3 khutbah Jumat Sumpah Pemuda, penuh makna dan menyentuh Hati.

Baca Juga: 40 Contoh Soal Materi Tentang Sumpah Pemuda, Beserta kunci Jawabannya

1. Khutbah Jumat tentang Sumpah Pemuda

Peran Pemuda dalam Pembangunan Bangsa.

اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ أَعَزَّنَا باِلْإِيمَانِ بِهِ، وَهَدَاناَ إِلَى عَظِيمِ شَرِيْعَتِهِ، وَأَسْعَدَنَا بِاتِّبَاعِ أَفْضَلِ رُسُلِهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، فيِ أُلُوهِيَّتِهِ وَرُبُوْبِيَّتِهِ وَأَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَبَعْدُ

Alhamdulillahi a’azzana bil imani bih. Wahadana ila ’adzimi syari’atih. Wa as’adana bittiba’i afdhali rusulih. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, fii uluuhiyyatihii, warubuubiyyatihii wa asmaaihi washifatih. Wa asyhadu anna muhammadan ’abduhu warasuluh. Allahumma Shalli Wasallim Wabarik ’ala sayyidina Muhammadin wa’ala alihi Washahbihi ajma’in. Waba’du.

Segala puji bagi Allah yang telah memuliakan kita dengan iman, memberi petunjuk pada kita menuju keagungan syariat-Nya, memberikan kebahagiaan kepada kita dengan mengikuti rasul-Nya yang paling mulia.

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah semata tanpa sekutu bagi-Nya, baik dalam uluhiyah-Nya, rububiyah-Nya, nama dan sifat-Nya.

Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah berikanlah rahmat, keselamatan, dan barokah kepada Junjungan kami Muhammad serta keluarga dan sahabatnya semuanya. Dan setelahnya.

Hadirin jemaah Jumat yang dimuliakan Allah Swt.,

Dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, para pemuda menunjukkan peran sentral mereka dalam menggerakkan perubahan.

Dalam Islam, pemuda juga memiliki posisi penting. Rasulullah saw. melalui riwayat Ibnu Abbas.

Manfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara :masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang sakitmu, masa kayamu sebelum masa fakirmu, masa senggangmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang masa matimu." (HR. Al-Hakim).

Masa muda adalah waktu yang paling produktif, saat energi dan kreativitas berada di puncaknya.

Rasulullah saw. dan para sahabatnya memulai dakwah Islam saat usia muda, 40 tahun. Begitu pula, Sumpah Pemuda mengingatkan kita bahwa pemuda merupakan motor perubahan sekaligus agen pembangunan.

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah,

Pemuda muslim saat ini memunyai tanggung jawab besar, bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk bangsa dan agama.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm