Kementerian Lingkungan Hidup Dipimpin Putera Banua, Begini Tanggapan Kadis LH Kalsel

25 Oktober 2024 12:40 WIB
Kadis LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana
Kadis LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana ( Fakhrurazi)

Banjarbaru, Sonora.ID – Presiden RI, Prabowo Subianto telah melantik jajaran menteri kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10) lalu.

Salah seorang menteri yang dilantik adalah Hanif Faisol Nurofiq, mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Putera terbaik banua tersebut diamanahi jabatan sebagai Menteri Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup, di kabinet Merah Putih-nya Prabowo.

“Syukur bagi kita karena salah seorang putra terbaik Kalsel didapuk sebagai menteri di kabinet Merah Putih,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, saat ditemuai di ruang kerjanya, pada Kamis (23/10).

Ke depan, Hanifah berharap, Kalsel mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat dalam membangun lingkungan hidup.

Selama ini diakui Hanifah, Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan lebih fokus ke persoalan kehutanan, sehingga kementerian yang baru dipisah itu akan benar-benar menjadi motor penting dalam pembangunan lingkungan hidup di daerah.

“Apalagi dalam sambutannya pa menteri menyatakan bahwa Kementerian LH akan menjadi garda terdepan dalam implementasi ekonomi hijau,” jelas Hanifah.

Baca Juga: Gunakan APBD 2025, 1.030 RTLH di Kalsel Bakal Diperbaiki Tahun Depan

Ditegaskan Hanifah, sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Pemprov Kalsel akan mendukung percepatan pencapaian target yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup, salah satunya Net zero emission 2060.

“Kita juga sudah harus mulai mengurangi jejak karbon atau semakin mengurangi emisi karbon,”

Ditambahkan hanifah, pengelolaan lingkungan hidup kedepannya diyakini akan terus membaik dengan adanya dokumen Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang terbit pada era menteri Siti Nurbaya Bakar yang menjadi acuan dalam mengelola lingkungan hidup.

Dari 17 program prioritas yang merupakan terjemahan dari Astacita presiden Prabowo, Lanjut Hanifah, terdapat jaminan pelestarian lingkungan hidup yang mendukung terciptanya lingkungan yang lebih sehat bagi generasi mendatang.

“Kita dukung sepenuhnya kebijakan kementerian Lingkungan Hidup,” pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm