Banjarmasin, Sonora.ID – Pembaruan terhadap aplikasi Banjarmasin Pintar dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dan optimalisasi layanan.
Diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, saat kemudahan akses pengguna jadi fokus pembenahan, di samping adanya integrasi sejumlah aplikasi.
Banjarmasin Pintar 3.0 menawarkan pembaruan signifikan jika dibandingkan dengan dua versi sebelumnya, salah satunya adanya sistem Single Sign-On (SSO).
Sistem itu memudahkan masyarakat atau pengguna karena hanya perlu mendaftar satu kali menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
“Sistem SSO ini memungkinkan masyarakat mengakses layanan hanya dengan satu akun, menghemat waktu dan mempermudah proses administrasi,” tuturnya.
Selain itu, ada dua kategori utama layanan di aplikasi Banjarmasin Pintar 3.0, yakni pelayanan publik dan pemerintahan.
Untuk pelayanan publik, ada sejumlah aplikasi yang diakses, seperti Parak Acil Online untuk pengajuan permohonan administrasi kependudukan dan catatan sipil, serta aplikasi BaAPik untuk pendaftaran berobat secara online.
“Kami ingin mempermudah masyarakat mengakses layanan yang mereka butuhkan tanpa harus datang langsung ke kantor-kantor pemerintah,” jelas Windi.
Selain fokus pada pengembangan dan pembenahan aplikasi, user interface atau tampilan dari aplikasi Banjarmasin Pintar 3.0 juga diperbarui.
Tampilannya dirancang agar lebih menarik, tapi juga ramah pengguna.
Terutama jika digunakan oleh pengguna yang tergolong gagap teknologi.