25 Contoh Soal Teori Belajar Gagne PPPK Guru, beserta Jawabannya

4 Desember 2024 12:25 WIB
Ilustrasi 25 Contoh Soal Teori Belajar Gagne PPPK Guru, beserta Jawabannya
Ilustrasi 25 Contoh Soal Teori Belajar Gagne PPPK Guru, beserta Jawabannya ( )

Sonora.ID – Berikut beberapa contoh soal teori belajar Gagne PPPK Guru, lengkap dengan jawabannya yang dapat dijadikan materi untuk belajar sebelum ujian.

Teori belajar Gagne merupakan bagian dari sub materi pedagogik dalam ujian tes kompetensi bidang PPPK guru.

Maka dari itu, agar dapat mengerjakan materi ini dengan baik, pelamar yang akan mengikuti tes kompetensi PPPK Guru sebaiknya mempelajari contoh soal teori belajar Gagne PPPK Guru.

Teori belajar Gagne merupakan salah satu teori pembelajaran yang cukup populer di dunia pendidikan.

Teori ini sendiri digagas oleh ahli psikologi pendidikan dari Amerika Serikat, Robert Mills Gagne pada tahun 1960-an.

Nah, supaya lebih memahami materi teori belajar Gagne, berikut 25 contoh soal teori belajar Gagne PPPK Guru, lengkap dengan jawabannya.

Baca Juga: 30 Contoh Soal Memproses Dokumen Sesuai Dengan Prosedur untuk Tertib Administrasi PPPK 2024

1. Seorang guru ingin mengajarkan konsep matematika tentang persamaan linear kepada siswa. Setelah menyampaikan materi teori, ia mengajukan soal latihan untuk mengukur pemahaman siswa. Namun, beberapa siswa kesulitan menyelesaikan soal tersebut. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru?

A. Memberikan lebih banyak soal latihan tanpa memberikan penjelasan tambahan
B. Menunggu siswa untuk memecahkan masalah dengan sendirinya
C. Memberikan penjelasan ulang dan memberikan contoh soal yang lebih sederhana terlebih dahulu
D. Memberikan jawaban langsung kepada siswa agar mereka cepat selesai
E. Menilai kinerja siswa dan memberi nilai meskipun mereka belum memahami konsepnya dengan baik

Jawaban: C

2. Seorang pengajar sedang mengajarkan tentang proses fotosintesis di kelas biologi. Pengajaran dimulai dengan video yang menarik yang menunjukkan tanaman yang berkembang dengan baik. Setelah video, pengajar memberi tahu siswa bahwa mereka akan belajar tentang reaksi kimia yang terjadi selama fotosintesis. Pengajar kemudian menjelaskan tujuan pembelajaran. Apa langkah berikutnya yang seharusnya dilakukan oleh pengajar?

A. Menggunakan metode ceramah panjang untuk menjelaskan seluruh reaksi kimia
B. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya dan memecahkan masalah terkait fotosintesis
C. Menyediakan rangkuman konsep penting dan memberikan soal latihan yang terkait
D. Memberikan tes langsung untuk menilai pemahaman siswa
E. Menggunakan gambar dan diagram untuk menunjukkan proses fotosintesis secara visual

Jawaban: E

3. Dalam sebuah kelas bahasa Inggris, siswa belajar tentang penggunaan tenses dalam kalimat. Setelah menjelaskan teori tentang present perfect tense, guru memberikan beberapa contoh kalimat. Namun, beberapa siswa merasa kesulitan dalam mempraktikkan kalimat-kalimat tersebut. Bagaimana guru sebaiknya mengatasi masalah ini?

A. Memberikan penjelasan lebih rinci tentang rumus kalimat tanpa memberikan kesempatan latihan
B. Meminta siswa untuk menghafal rumus kalimat sebelum mereka melakukan latihan
C. Memberikan latihan praktis dengan beberapa contoh kalimat untuk diterjemahkan dan diperbaiki
D. Memberikan soal latihan tanpa memberikan contoh atau penjelasan
E. Membiarkan siswa mencoba sendiri dan menilai hasil latihan mereka tanpa memberikan umpan balik langsung

Jawaban: C

4. Seorang pengajar kimia mengajarkan tentang hukum kekekalan massa. Untuk memastikan bahwa siswa memahami konsep ini, pengajar melakukan eksperimen sederhana di depan kelas, memperlihatkan bahwa massa total sebelum dan setelah reaksi kimia tetap sama. Apa yang sebaiknya dilakukan pengajar setelah eksperimen ini?

A. Memberikan tes langsung untuk menilai pemahaman siswa
B. Meminta siswa untuk menyalin penjelasan dan eksperimen yang dilakukan
C. Mengajak siswa berdiskusi tentang hasil eksperimen dan bagaimana hukum
kekekalan massa diterapkan dalam kehidupan nyata
D. Memberikan soal latihan tanpa menjelaskan lebih lanjut tentang hasil eksperimen
E. Memberikan penjelasan ulang mengenai eksperimen tanpa melibatkan siswa dalam diskusi

Jawaban: C

5. Apa yang dimaksud dengan "Kognisi Sensorik" dalam teori belajar Gagne?

A. Proses pembentukan aturan
B. Pengembangan keterampilan kompleks
C. Penggunaan bahasa untuk menghubungkan konsep
D. Proses menerima dan memproses informasi sensorik

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm