Sonora.ID - Semester 1 di TK adalah momen penting dalam perkembangan anak. Di masa ini mereka mulai mengenal lingkungan sekolah secara lebih mendalam dan membangun dasar keterampilan yang akan mendukung pembelajaran mereka di masa depan.
Pada rapor semester 1 ini, setiap anak dinilai berdasarkan pencapaian perkembangan mereka yang disesuaikan dengan indikator-indikator yang telah ditentukan dalam Kurikulum Merdeka.
Penilaian dilakukan dengan cara yang holistik, di mana orang tua dan guru bekerja sama untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai kemampuan dan potensi anak.
Hal ini memungkinkan orang tua untuk lebih memahami kekuatan serta area yang perlu didukung untuk pertumbuhan lebih lanjut.
Melalui laporan ini, diharapkan orang tua dapat melihat sejauh mana anak-anak telah berkembang dalam aspek-aspek seperti kognitif, motorik, sosial, dan emosional.
Tidak hanya sebatas pencapaian akademik, tetapi juga bagaimana anak belajar untuk berinteraksi, bekerja sama, dan mengembangkan keterampilan hidup lainnya.
Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka Semester 1 yang singkat, pendek, menyentuh, dan memotivasi, dikutip dari berbagai sumber.
Contoh Narasi Raport TK Kurikulum Merdeka Semester 1 yang Memotivasi
Ananda Ardi akan saya ajak untuk lebih banyak terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengutamakan kerja sama dan dengan teman, misalnya saja dalam berbagai permainan yang membutuhkan team building.
Ananda Audi memiliki minat yang tinggi dalam eksplorasi dan observasi lingkungan sekitar. Ia gemar mengamati dan bertanya tentang benda-benda baru yang dilihatnya dan itu adalah tanda-tanda positif untuk perkembangannya.
Ananda Nabila semakin rajin mengikuti kegiatan peribadahan yang dilangsungkan. Saat kegiatan ibadah bersama, Ananda Nabila juga selalu menyiapkan diri dengan baik, dan menjalankan kegiatan peribadahan dengan khidmat.
Rio selama 1 semester ini memiliki minat yang tinggi dalam mengeksplorasi diri terhadap lingkungan sekitar. Rio gemar mengamati dan bertanya tentang benda atau hal baru yang dilihatnya.
Santi menunjukkan minatnya terhadap bidang musik dan tarian. Ia sangat antusias dalam kegiatan musik yang diselenggarakan oleh sekolah. Santi cukup tertarik dengan bernyanyi dan menari.
Ananda Shea menunjukkan minat yang besar dalam musik dan gerak. Ia dengan antusias berpartisipasi dalam kegiatan musik, seperti bernyanyi dan bermain alat musik sederhana. Ia juga memiliki koordinasi tubuh yang baik dalam gerakan dan tarian.
Dari segi motorik, Ananda Riona terlihat gesit dan lincah. Selain itu, terlihat Ananda suka bercerita akan tetapi masih malu-malu ketika tampil di depan kelas. Tapi tidak apa-apa, itu adalah perjalanan belajar. Bapak ibu sebaiknya terus mendukung hal tersebut. Semangat.
Wah, Ananda Wibhy begitu hebat bunda! Apabila dilihat, ada banyak perubahan yang terlihat di semester ini. Misalnya dalam hal mengendalikan emosi. Di awal, Ananda sering tantrum, tetapi sekarang kita melihat ia mulai dapat mengendalikannya.
Ananda Osma tidak pernah absen saat bergotong royong di kelas. Ia selalu hadir membantu saat temannya mengalami kesulitan. Misalnya saja ketika salah seorang kawan Ananda tidak bisa membuka kotak makan, Ananda selalu sigap membantu. Ananda pun selalu membantu membereskan mainan, dan sangat baik dalam bekerja sama, seperti saat menanam tanaman atau saat membersihkan ruang kelas.
Ananda Ilmi juga selalu rajin merawat lingkungan sekitarnya. Ia tidak pernah membuang kemasan makanan/minuman sembarangan. Ananda juga selalu bergotong royong membersihkan lingkungan, menyapu, memilah sampah dan membuang sampah pada tempatnya.
Tyo menunjukkan perkembangan yang sangat baik dalam memperkenalkan dan membangun identitas dirinya. Tyo memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan di sekolah. Tyo sudah mampu mengenali perasaannya dan mengekspresikan dengan cara yang sangat positif.
Salma memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengungkapkan dan menunjukkan kemampuannya di depan teman-temannya.. Ia dalam beraktivitas sangat mandiri dan mampu menyelesaikan berbagai tugas dengan baik.
Banu menjadi siswa yang sangat gesit dan lincah. Banu merupakan siswa yang pandai bercerita namun masih malu-malu apabila bercerita di depan kelas. Tapi hal ini menjadi bekal yang positif bagi Banu, tetap terus di support dan selalu beri kepercayaan kepada Banu.
Ananda Gisel menunjukkan kemampuan mengenal huruf dan angka dengan baik. Ia mampu membaca suku kata sederhana dan menulis nama sendiri dengan rapi. Ananda juga senang mendengarkan cerita dan mampu menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa yang sederhana.
Ayah dan bunda diharapkan mendukung kegiatan belajar Ananda Livy di rumah, mengulas kembali belajar Ananda ketika di sekolah, mendukung pemahaman yang sudah didapatkan, serta menambah pengetahuan baru bagi Ananda yang belum diketahuinya.
Demikianlah paparan mengenai kumpulan contoh narasi rapor TK semester 1 Kurikulum Merdeka yang dapat Anda edit sesuai keperluan.