Jakarta,Sonora.Id - Selama periode angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat kinerja operasional yang berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali. Perfomansi perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan KA Lokal juga menunjukkan hasil yang sangat baik. Ketepatan keberangkatan rata-rata mencapai 99,69 persen, lebih tinggi dibanding target program sebesar 99,10 persen. Sementara itu, ketepatan kedatangan tercatat 92,36 persen, juga di atas target yang ditetapkan sebesar 92,00 persen.
Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyampaikan bahwa hingga Minggu (5/1) pukul 23.59, sebanyak 1.300.156 pelanggan telah dilayani oleh KAI Daop 1 Jakarta. Rinciannya, penumpang berangkat tercatat sebanyak 645.885 pelanggan dengan 1.576 perjalanan KAJJ, atau rata-rata 88 perjalanan KAJJ per hari. Sementara itu, jumlah penumpang yang tiba di stasiun-stasiun wilayah Daop 1 Jakarta mencapai 654.271 pelanggan.
“Sebanyak 1.300.156 pelanggan telah kami layani selama masa angkutan Nataru ini. Dari jumlah tersebut, 645.885 pelanggan diberangkatkan menuju berbagai daerah tujuan, sementara 654.271 pelanggan lainnya tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta menggunakan KAJJ,” ujar Ixfan pada Senin pagi (6/1) di Jakarta.
PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang diberikan kepada kereta api sebagai moda transportasi utama selama masa liburan.
“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat pengguna kereta api, yang telah menjadikan KA sebagai pilihan utama dalam bepergian selama periode Nataru ini,” tutup Ixfan.