Bandung - Sejak PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menetapkan masa angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, pelanggan kereta api (KA) baik jarak jauh maupu lokal, meningkat 4% jika dibandingkan pasa masa Nataru tahun 2023/2024.
Executive Vice President KAIDaop 2 Bandung Dicky Eka Priandana mengatakan periode angkutan Nataru yang berlangsung selama 18 hari ini menunjukkan masyarakat masih sangat antusias dan yakin untuk menggunakan moda transportasi kereta api.
"Total ada 676.783 pelanggan kereta Jarak Jauh dan lokal yang keberangkatannya menggunakan KA di Daop 2 selama masa libur Nataru," ucapnya di Bandung, Selasa (7/1/2025).
"Jika dirinci, untuk pelanggan KA jarak jauh ada 504.072 penumpang. Sedangkan KA lokal itu ada 172.711 penumpang. Itu KA lokal PSO Siliwangi relasi Cipatat - Sukabumi," jelas Dicky.
"Dari 504 ribu pelanggan KA Jarak Jauh terdapat 250.783 pelanggan yang berangkat dan 253.289 pelanggan yang tiba di wilayah Daop 2 Bandung," ungkapnya.
Dicky juga menyebut, jumlah pelanggan KA Jarak Jauh pada Nataru 2024/2025 meningkat 4% atau 18.031 pelanggan dibandingkan dengan periode Nataru Tahun 2023/2024 yakni total 486.041 pelanggan.
"Hal ini mencerminkan kepercayaan masyarakat yang semakin besar terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan perjalanan yang nyaman, aman, dan tepat Waktu. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh jajaran Daop 2 dalam mempersiapkan operasional selama masa liburan," tutur Dicky.
“Kami mengoperasikan hingga 54 perjalanan kereta api jarak jauh per hari dengan ketepatan waktu keberangkatan 99,8% dan waktu kedatangan mencapai 98,4%, termasuk kereta tambahan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang," kata Dicky.
"Selain itu, berbagai fasilitas di stasiun dan di dalam kereta telah kami siapkan dan tingkatkan guna memastikan kenyamanan dan keselamatan pelanggan selama perjalanan,” imbuhnya.
Selama 18 hari masa Nataru 2024/2025 puncak arus penumpang KA di Daop 2 terjadi pada 29 Desember 2024, dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 21.397 pelanggan dan penumpang datang sebanyak 21.886 dalam 1 hari.
Rute favorit tetap didominasi oleh perjalanan menuju kota Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya, serta kota-kota lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Daop 2 Bandung berharap tren positif ini dapat terus berlanjut di tahun mendatang. Dukungan dari pelanggan menjadi motivasi untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan yang lebih baik.
PT KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, baik dari sisi operasional maupun inovasi digital.
Aplikasi Access by KAI tetap menjadi andalan bagi pelanggan untuk kemudahan dalam memesan tiket dan memperoleh informasi terkait jadwal perjalanan.
“Keberhasilan ini adalah hasil dari sinergi antara seluruh pihak yang terlibat, termasuk dukungan dan kepercayaan dari para pelanggan. Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi terhadap kelancaran Angkutan Nataru 2024/2025. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan dan dukungannya. Semoga pengalaman perjalanan bersama kereta api selama Nataru ini memberikan kesan yang menyenangkan,” tutup Dicky.