-Buat menara mini dari pecahan genting maupun batu.
-Selanjutnya bagi siswa menjadi beberapa kelompok.
-Masing-masing kelompok membuat barisan berbanjar.
-Peserta didik yang ada di barisan depan dapat menggelindingkan bola ke sasaran atau menara mini yang sudah dibuat
-Setelah bola digelindingkan lalu diambil, siswa dapat memberikan bola pada barisan siswa selanjutnya dan kembali ke barisan belakang.
-Lakukan seterusnya hingga seluruh anggota kelompok mendapat giliran untuk menggelindingkan bola.
-Setiap siswa dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 4-5 kali.
4. Aktivitas Gerak Berirama
Aktivitas gerak berirama adalah gerakan dasar dengan irama cepat maupun lambat dengan bantuan musik maupun tanpa musik. Contoh dari gerak irama adalah gerakan langkah kaki yang diiringi dengan berbagai lagu anak-anak.
Contoh gerak irama yang dapat dilakukan adalah gerakan berjalan maju mundur sesuai irama dan dilakukan secara berkelompok, gerakan geser ke kanan dan ke kiri secara berpasangan maupun berkelompok, hingga mengayunkan kaki baik ke depan dan belakang.
5. Aktivitas Pengenalan Air
Aktivitas pengenalan air tersebut dapat dilakukan di lingkungan kolam renang. Contoh permainan sederhana yang dapat dicoba antara lain gerakan injak-injak air, gerakan berjalan di air, terapung membentuk lingkaran, dan lain-lain.
Pastikan sebelum bermain di dalam air, siswa sudah melakukan pemanasan di darat dalam bentuk perenggangan statis. Setelah itu basahi tubuh dengan air agar tubuh dapat menyesuaikan dengan suhu air kolam.
Setelah itu lakukan pemanasan dalam bentuk permainan di air seperti menginjak-nginjak air. Cara bermainnya, yaitu:
-Setiap siswa dapat masuk ke kolam renang yang dangkal.
-Berpegang tangan satu sama lain dan jangan sampai dilepaskan.
-Setelah itu, injak air berputar mengitari kolam renang.
-Lakukan permainan ini selama 10-15 menit.
Setelah selesai pemanasan, setiap siswa dapat melakukan permainan inti yakni berjalan-jalan di air. Langkah-langkahnya, yaitu:
-Sikap permulaan yang dilakukan adalah berjalan dengan lutut ditekuk dan tangan diayun di dalam air.
-Lakukan ke arah depan dengan berulang-ulang.
-Berjalan biasa ke arah depan dan belakang dan lakukan secara berpasangan.
-Setelah itu, siswa dapat berjalan dengan langkah panjang dan pendek ke arah depan dan belakang secara mandiri berulang-ulang.
-Selanjutnya berjalan ke arah depan dengan menendang kaki dan lakukan secara berulang.
-Pastikan untuk melakukan gerakan ini selama 5-10 menit.
Selain gerakan inti di atas, setiap siswa juga dapat dikenalkan dengan gerakan menarik dan membuang napas di air, gerakan keseimbangan di dalam kolam renang, hingga gerakan meluncur.