Toilet di Stasiun Bandung (
Dok. Humas Daop 2 Bandung)
Bandung, Sonora.ID - Fasilitas toilet di stasiun kereta api (KA) menjadi kebutuhan mendasar bagi para penumpang dan pengunjung. Tingginya mobilitas di stasiun, membuat kebradaan toilet yang bersih dan layak, menjadi sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan kebersihan lingkungan.
Toilet yang memadai membantu mengurangi ketidaknyamanan bagi penumpang yang harus menunggu keberangkatan atau baru tiba dari perjalanan jauh. Selain itu, fasilitas ini sangat dibutuhkan oleh kelompok rentan seperti lansia, anak-anak, dan penyandang disabilitas.
Ketersediaan toilet yang bersih juga berkontribusi terhadap kesehatan dan kebersihan umum. Jika fasilitas ini kurang terawat, dapat menimbulkan masalah sanitasi yang mengganggu kenyamanan dan bahkan menyebarkan penyakit.
Oleh karena itu, pengelola stasiun harus memastikan toilet selalu bersih, memiliki air yang cukup, serta ramah bagi semua pengguna. Dengan fasilitas toilet yang baik, pengalaman perjalanan penumpang menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
Di Stasiun Bandung, toilet tersedia baik di pintu Utara maupun di pintu Selatan.
"Selain parkir yang luas, ruang tunggu yang nyaman, ATM, loket box tiket, drinking water station dan face recognition khusus pengguna KA Jarak Jauh, kami juga menyediakan toilet yang bersih dan ramah disabilitas bagi para pengguna KA ataupun pengunjung yang mengantar ke stasiun," ucap Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung Dicky Eka Priandana, dalam keterangannya, Minggu (2/2/2025).
"Selain itu, kami juga sediakan mushola, masjid, food court hingga ruang menyusui dan pengering payung. Semua kami sediakan demi melayani para pengguna KA di Stasiun Bandung," jelas Dicky.
Untuk toiletnya, lanjut Dicky, adalah toilet ramah lingkungan, yang memiliki sistem pengolahan limbah biofill sebelum dialirkan ke saluran drainase.
"Toilet di sini didesain ramah lingkungan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, selaras dengan salah satu visi PT KAI yakni sustainability (berkelanjutan)," jelas Dicky.
"Bagi seluruh pelanggan yang masih berada di Zona 3 (sebelum boarding) maupun di Zona 2 (setelah boarding), pada sisi utara (penumpang KA Jarak Jauh) dan sisi selatan (penumpang KA Lokal), fasilitas toilet dapat diakses dengan mudah di setiap ruang tunggu. Termasuk di dalam Ruang Tunggu Feeder, yang juga telah dilengkapi dengan toilet," kata Dicky.
"Totalnya ada empat toilet yang ada di Stasiun Bandung, seperti di Zona 2 dan 3 di Utara, juga Zona 2 dan 3 di Selatan, juga di ruang tunggu Feeder Timur dan Barat," jelasnya.
"Toilet ramah disabilitas ada di Zona 2 sisi utara, Zona 2 sisi selatan, dan di Ruang Feeder Barat," imbuhnya.
Dengan tersedianya fasilitas ini, PT KAI berharap penumpang dapat merasa lebih nyaman saat berada di Stasiun Bandung. Ke depannya, Stasiun Bandung akan terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik dengan mengedepankan aspek kebersihan, kenyamanan, dan keberlanjutan lingkungan.
"Kami berkomitmen terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan untuk meningkatkan pengalaman perjalanan yang aman dan menyenangkan bagi seluruh pengguna jasa kereta api.
"Dengan adanya toilet di enam titik ruang tunggu ini, kami berharap penumpang dapat merasakan kenyamanan lebih saat menunggu perjalanan mereka,” pungkas Dicky.