PLN Suluttenggo Berhasil Pulihkan 100% Pasokan Listrik Pasca Banjir di Manado

25 Maret 2025 13:52 WIB
General Manager PLN UID Suluttenggo Atmoko Basuki turun langsung ke lapangan untuk mengecek intalasi listrik terdampak banjir.
General Manager PLN UID Suluttenggo Atmoko Basuki turun langsung ke lapangan untuk mengecek intalasi listrik terdampak banjir. ( )

Sonora.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo berhasil memulihkan 100 persen pasokan listrik pasca banjir dan cuaca ekstrem yang melanda Kota Manado dan sekitarnya. Sebanyak 23.805 pelanggan kini telah kembali menikmati listrik setelah PLN bergerak cepat melakukan perbaikan jaringan dan mengamankan instalasi listrik.

Cuaca buruk yang terjadi sejak Jumat (21/03) menyebabkan gangguan listrik di beberapa wilayah, termasuk Kota Manado, Bitung, Tomohon, serta Kabupaten Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, dan Minahasa. Angin kencang, banjir, dan longsor mengakibatkan kerusakan jaringan hingga terhentinya pasokan listrik di sejumlah titik.

General Manager PLN Suluttenggo, Atmoko Basuki, menegaskan bahwa keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama dalam penanganan banjir ini. "Saat banjir terjadi, fokus kami adalah mengamankan jaringan listrik demi keselamatan masyarakat. Kami juga berkoordinasi dengan Pemerintah, BPBD, dan pihak terkait untuk percepatan pemulihan sistem kelistrikan," ujar Atmoko.

“Pemulihan pasokan listrik dilakukan secara bertahap dengan menerapkan prosedur keselamatan bagi petugas di lapangan maupun masyarakat. PLN mengerahkan seluruh sumber daya, termasuk personel dan peralatan, guna mempercepat proses perbaikan jaringan listrik yang rusak dan memastikan layanan listrik kembali normal” Tambah Atmoko

Hingga kini 23 Maret 2025 pukul 20.30 WITA, PLN telah berhasil memulihkan sepenuhnya pasokan listrik di wilayah terdampak. Tercatat sebanyak 166 gardu, 5 saluran distribusi, dan 23.805 pelanggan yang sebelumnya mengalami gangguan kini kembali mendapatkan pasokan listrik secara normal.

Manager PLN UP3 Manado, Revi Aldrian, menambahkan bahwa tim teknis telah bekerja maksimal dalam menangani gangguan akibat kejadian banjir. "Kami memastikan seluruh tim bersinergi mengamankan instalasi terdampak, memperbaiki jaringan yang rusak, serta menangani gangguan lainnya dengan langkah cepat dan tepat sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)," ujarnya.

Melalui koordinasi dengan berbagai pihak, PLN menerapkan skema penormalan yang mengutamakan keamanan petugas serta memastikan setiap jaringan diperiksa sebelum kembali dialiri listrik.

Tag:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm