Sonora.ID - Peluang bisnis di Indonesia bergerak ke arah bisnis jasa pelayanan. Hal penting yang harus disiapkan dalam mengembangkan jasa pelayanan adalah dengan memiliki divisi pelayananan konsumen atau customer operation yang dipersiapkan dengan baik.
Pelayanan konsumen bisa dikatakan sebagai ujung tombak kelangsungan perusahaan, karena perannya sebagai jembatan antara pelanggan dengan pihak perusahaan.
Baca Juga: Punya Bisnis dengan Hasil Besar dan Risiko Kecil, Mungkinkah?
Divisi ini harus mampu menjalankan kewajibannya yaitu fight for rights untuk kenyamanan pelanggan, selain juga harus mempertahankan idealisme perusahaan.
Hence Steve, Head of Customer Operations Traveloka, menjelaskan bahwa memang customer operation merupakan bagian yang harus bisa menempatkan diri di pihak pelanggan.
Baca Juga: Pakar: Ingin Sukses dan Bahagia? Buang Negative Believe dari Diri Anda
“Mencoba menjadi sisinya customer jadi kita juga tahu bahwa yang dia rasakan itu tidak menyenangkan. Jadi, bagaimana caranya supaya kita membantu customer ini supaya mendapatkan pengalaman yang terbaik juga. Karena saya yakin tidak ada perusahaan yang menginginkan customer complain,” tambahnya.
Namun, pastinya dibutuhkan seni dan kemampuan untuk menghadapi berbagai jenis pelanggan. Seorang pelayanan konsumen harus dengan cepat membaca pelanggannya, sehingga mampu menyesuaikan diri.
Kemampuan adaptasi dan belajar yang cepat dapat membantu mempermudah customer operation bekerja.
Skill utama sekaligus modal yang harus dimiliki adalah pelayanan dan suka berinteraksi dengan manusia.
Dengan menanamkan kedua modal ini, maka keluhan pelanggan dapat dihadapi dan diterima dengan baik. Bahkan tidak jarang keluhan tersebut kemudian menjadi peluang bagi perusahaan jasa untuk kemudian menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.
Baca Juga: Anda Pecinta Makanan Manis? Perhatikan Takaran Gula Ideal per Harinya
Hence menjelaskan bahwa keluhan yang disampaikan oleh pelanggan ini, sering kali menjadi advantage atau keuntungan bagi perusahaan untuk kemudian mengeluarkan produk jasa baru, sehingga permasalahan pelanggan dapat teratasi.
“Peran customer operation dalam dunia bisnis itu sangat penting, gak hanya menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan, tapi juga bisa memberikan insight untuk perusahaan itu sendiri agar bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.” jelas Hence.
Baca Juga: Perlukah Mempertimbangkan Unsur Yin dan Yang dalam Berbisnis? Ini Kata Pakar Fengshui
Hence juga menambahkan,walaupun perkembangan teknologi dapat mempermudah pekerjaan pelayanan komunikasi, namun sentuhan manusia atau human touch masih dianggap lebih efektif dalam menangani keluhan konsumen. (Prameswari Sasmita)