Sonora.ID - Di dunia yang serba digital ini, manusia lebih senang menggunakan hasil kemajuan teknologi untuk membantu aktivitas yang dilakukannya.
Namun, masih perlu diingat bahwa semua orang adalah makhluk sosial, yang masih membutuhkan sentuhan manusia.
Sama halnya dengan dunia pemasaran atau marketing. Dalam menjalankan bisnis, dibutuhkan pemasaran yang tepat agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik.
Baca Juga: Merugi untuk Raih Keuntungan, Ini Strategi Penetapan Harga dari Pakar
Salah satu teknik marketing yang ternyata memegang peranan penting adalah Word of Mouth Marketing atau 'dari mulut ke mulut'.
Artinya pemasaran atau promosi yang dilakukan berdasarkan rekomendasi dari teman dekat, atau keluarga.
Founder dan CEO TADA, Antonius Taufan menyebutkan bahwa, Word of Mouth masih menjadi teknik pemasaran yang efektif untuk mendatangkan pelanggan baru.
“Faktor nomor satu mengapa orang memilh suatu barang, baik itu makanan, layanan, produk, apapun itu, adalah word of mouth. Tapi kalau kita bandingkan itu dengan spending yang dilakukan brand, justru brand buang uangnya ke iklan TV, radio, majalah, dan lain-lain. Bagaimana kalau brand mengalokasikan budget-nya sebagian untuk mendorong pelanggan mereka untuk ngobrol ke temen-temennya, karena seharusnya naiknya banyak,” jelas Taufan.
Baca Juga: Mau Ubah Bonus Menjadi Passive Income? Begini Caranya Melakukannya
Rekomendasi dari orang terdekat berpengaruh besar pada pertambahan pelanggan baru sebuah bisnis. Lalu apa saja yang perlu dilakukan sebuah bisnis untuk memulai Word of Mouth Marketing?
“Gimana caranya suatu bisnis bisa mengandalkan customernya untuk jadi pelaku Word of Mouth Marketing? Karena orang akan mudah percaya, apalagi kalau direkomendasi oleh teman dekat yang punya ketertarikan yang sama”
Poin yang paling penting adalah dengan menjadikan pelanggan sebagai orientasi utama strategi pemasaran ini.
Baca Juga: Ramalan Shio Hari Ini: Shio Kelinci Lebih Berhati-Hati, Shio Naga Kembangkan Potensi
Bisnis tersebut harus mengenal baik pelanggannya, baik jenis kelamin, nama, kontak, dan ketertarikannya. Karena pengenalan dengan pelanggan adalah langkah awal pelanggan tersebut merekomendasikan usaha tersebut.
Langkah kedua adalah dengan memberikan reward kepada pelanggan yang mengajak rekannya menjadi customer baru.
Reward dapat berupa potongan harga barang atau jasa yang ditawarkan bisnis tersebut.
Baca Juga: Anda Pecinta Makanan Manis? Perhatikan Takaran Gula Ideal per Harinya
Jika kedua langkah ini dilakukan oleh suatu bisnis, maka Word of Mouth Marketing akan terbentuk, dan pelanggan baru akan dengan mudah didapatkan.