'Dari Mulut ke Mulut', Teknik Marketing Paling Efektif untuk Datangkan Pelanggan Baru

13 September 2019 14:59 WIB
'Dari Mulut ke Mulut', Teknik Marketing Paling Efektif untuk Datangkan Pelanggan Baru
'Dari Mulut ke Mulut', Teknik Marketing Paling Efektif untuk Datangkan Pelanggan Baru ( freepik)

Sonora.ID - Di dunia yang serba digital ini, manusia lebih senang menggunakan hasil kemajuan teknologi untuk membantu aktivitas yang dilakukannya.

Namun, masih perlu diingat bahwa semua orang adalah makhluk sosial, yang masih membutuhkan sentuhan manusia.

Sama halnya dengan dunia pemasaran atau marketing. Dalam menjalankan bisnis, dibutuhkan pemasaran yang tepat agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Merugi untuk Raih Keuntungan, Ini Strategi Penetapan Harga dari Pakar

Salah satu teknik marketing yang ternyata memegang peranan penting adalah Word of Mouth Marketing atau 'dari mulut ke mulut'.

Artinya pemasaran atau promosi yang dilakukan berdasarkan rekomendasi dari teman dekat, atau keluarga.

Founder dan CEO TADA, Antonius Taufan menyebutkan bahwa, Word of Mouth masih menjadi teknik pemasaran yang efektif untuk mendatangkan pelanggan baru.

“Faktor nomor satu mengapa orang memilh suatu barang, baik itu makanan, layanan, produk, apapun itu, adalah word of mouth. Tapi kalau kita bandingkan itu dengan spending yang dilakukan brand, justru brand buang uangnya ke iklan TV, radio, majalah, dan lain-lain. Bagaimana kalau brand mengalokasikan budget-nya sebagian untuk mendorong pelanggan mereka untuk ngobrol ke temen-temennya, karena seharusnya naiknya banyak,” jelas Taufan.

Baca Juga: Mau Ubah Bonus Menjadi Passive Income? Begini Caranya Melakukannya

Rekomendasi dari orang terdekat berpengaruh besar pada pertambahan pelanggan baru sebuah bisnis. Lalu apa saja yang perlu dilakukan sebuah bisnis untuk memulai Word of Mouth Marketing?

“Gimana caranya suatu bisnis bisa mengandalkan customernya untuk jadi pelaku Word of Mouth Marketing? Karena orang akan mudah percaya, apalagi kalau direkomendasi oleh teman dekat yang punya ketertarikan yang sama”

Poin yang paling penting adalah dengan menjadikan pelanggan sebagai orientasi utama strategi pemasaran ini.

Baca Juga: Ramalan Shio Hari Ini: Shio Kelinci Lebih Berhati-Hati, Shio Naga Kembangkan Potensi

Bisnis tersebut harus mengenal baik pelanggannya, baik jenis kelamin, nama, kontak, dan ketertarikannya. Karena pengenalan dengan pelanggan adalah langkah awal pelanggan tersebut merekomendasikan usaha tersebut.

Langkah kedua adalah dengan memberikan reward kepada pelanggan yang mengajak rekannya menjadi customer baru.

Reward dapat berupa potongan harga barang atau jasa yang ditawarkan bisnis tersebut.

Baca Juga: Anda Pecinta Makanan Manis? Perhatikan Takaran Gula Ideal per Harinya

Jika kedua langkah ini dilakukan oleh suatu bisnis, maka Word of Mouth Marketing akan terbentuk, dan pelanggan baru akan dengan mudah didapatkan.

Editorsonora.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm