Sonora.ID - Pengembangan sebuah usaha tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan tanpa strategi bisnis.
Pengembangan usaha mencakup beberapa tahap yang pastinya memakan waktu. Untuk itu, dibutuhkan ketelitian dan strategi yang tepat bagi para marketer.
Hal yang penting dilakukan dalam usaha mengembangkan usaha adalah komunikasi yang tepat dan riset pasar. Dalam memberlakukan kedua kunci penting ini, diperlukan penyesuaian dengan perkembangan teknologi dan digital.
Baca Juga: Bisnis Stagnan? Lakukan Strategi Bisnis Ini Agar Anda Semakin Untung
Menurut VP Marketing Loket Go-Jek Entertainment Group, Mohamad Ario Adimas, yang pertama yang harus dilakukan dalam menetapkan strategi komunikasi yang baik adalah riset.
“Nah ini jarang dilakukan oleh perusahaan, sehingga komunikasinya menjadi tidak efektif karena ternyata tidak seseuai dengan targetnya. Banyak perusahaan yang hanya menggunakan intuisi untuk mengetahui target pasarnya,” tambah Dimas.
Cara riset pasar pun perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Media sosial dapat mempermudah tahap ini, khususnya untuk mencari tahu minat dan kebutuhan generasi muda.
Baca Juga: Punya Bisnis dengan Hasil Besar dan Risiko Kecil, Mungkinkah?
“Sosial media ini sering dipakai oleh marketer untuk melakukan riset,” sambungnya.
Dimas juga menekankan bahwa riset tidak bisa dilakukan hanya di awal atau di akhir tahun. Karena pada era ini semua aspek kehidupan menjadi jauh lebih dinamis, sehingga dibutuhkan disiplin riset.
Riset kecil perlu dilakukan seminggu sekali, sedangkan untuk riset besar bisa dilakukan dalam jangka waktu 1-3 bulan sekali.
Riset ini bertujuan untuk mengetahui target pasar yang sesuai untuk jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Baca Juga: Ramalan Shio Hari Ini: Shio Tikus Penuh Curiga, Shio Naga Jangan Cari Mudah
“Di tes di beberapa market dulu. Kalau gak oke ditarik, atau dipindahkan ke market lain, jangan-jangan cocok di market lain. Sampai pada akhirnya produk kita tetap eksis, tetap relevan. Kuncinya itu adalah relevan,” ujar Dimas.
Hasil riset ini juga menentukan strategi komunikasi yang tepat untuk digunakan dalam mengembangkan usaha.
Jadi kuncinya adalah pada disiplin riset, kemudian menentukan strategi komunikasi.
“Marketer yang lengkap adalah yang punya skill komunikasi yang bagus, kemampuan riset yang bagus. Kemudian, sense of creative yang bagus, kemampuan advertising yang bagus, dan yang terakhir adalah brand skill,” tutup Dimas. (Prameswari Sasmita)
Baca Juga: Anak Saya Disebut Akan Menderita Diabetes, Apakah Bisa Diobati?