Sonora.ID - Dalam sebuah perusahaan, penting untuk adanya pimpinan atau pemimpin, tanpa adanya pemimpin suatu perusahaan atau tim tidak akan berjalan dengan efektif.
Kemampuan menjadi pemimpin dapat dimiliki oleh semua orang, namun tidak semua orang mau dan bisa menjadi pemimpin yang kompeten.
Business Development Manager at FIDES, Yohadi Martono menjelaskan bahwa ada dua kompetensi yang perlu diperhatikan dalam menjadi pemimpin yang baik. Kompetensi tersebut adalah leadership dan komunikasi.
Baca Juga: Pentingnya Mengelola Keberagaman dalam Hubungan Antar Rekan Kerja
Yohadi juga menekankan bahwa setiap orang memiliki gaya dan cara komunikasi yang berbeda-beda. Namun, yang perlu diusahakan adalah bagaimana pun cara komunikasi, pemimpin harus mampu meningkatkan kompetensi komunikasinya.
“Yang mesti diingat adalah bagaimana caranya seorang pemimpin meningkatkan kompetensi komunikasinya. Artinya apakah yang jeleknya yang verbalnya atau yang non-verbalnya. Nah setelah diketahui, maka yang jelek tersebut harus diperbaiki, dan ditingkatkan, dengan latihan,” jelas Yohadi.
Kompetensi komunikasi juga akan melahirkan cara komunikasi yang baik. Pemimpin dengan kompetensi komunikasi yang memadai, dapat menyesuaikan cara komunikasinya sesuai dengan suasana dan kondisi di mana ia ditempatkan.
Baca Juga: Pelatih Bisnis: Membangun Bisnis Ibarat Membangun Taman Kupu-Kupu