Terapkan Strategi Ini untuk Kembangkan Layanan dan Produk Bisnis Anda

26 September 2019 11:35 WIB
VP Marketing Gojek, Ario Dimas.
VP Marketing Gojek, Ario Dimas. ( Lspredu.com)


Sonora.ID - Marketing adalah perpaduan antara seni dan bisnis dalam perusahaan. Posisi seorang marketer bisa dikatakan tombak perusahaan yang harus bisa menyampaikan nilai-nilai perusahaan melalui produk yang dimiliki perusahaan secara kreatif mungkin.

VP Marketing Loket Gojek, Ario Dimas, mengatakan seorang marketer harus memiliki kemampuan analisa yang baik.

"Marketer harus bisa membaca behaviour konsumen. Ini penting dikuasai agar seorang marketer bisa membuat strategi marketing yang tepat dan dapat dipahami dengan baik oleh target pasar," ujar Ario Dimas.

Baca Juga: Melatih Mata Batin untuk Dapat Melihat Harapan dalam Kehidupan

Ia menambahkan, strategi untuk memasarkan produk harus dipikirkan matang-matang agar perusahaan dapat mencapai goals. Untuk mempersiapkan strategi, perusahaan harus melakukan riset terlebih dahulu. 

“Kebanyakan perusahaan tidak mempersiapkan dan melakukan riset. Padahal riset itu penting. Mereka sibuk mempersiapkan strategi lewat intuisi. Ada micro insight yang sebenarnya keluar hanya karena riset,” tambahnya.

Ia menambahkan, riset tidak harus dilakukan dengan budget yang tinggi. Perusahaan bisa memanfaatkan sosial media untuk riset.

Baca Juga: Tenaga Kerja Melek Teknologi jadi Primadona Berbagai Industri

“Jika belum mampu membayar badan riset yang budgetnya mahal, perusahaan bisa menggunakan sosial media yang mana gratis dan siapa saja bisa melakukannya. Yang penting hal paling utama untuk menentukan strategi marketing adalah riset,” tambah Dimas.

Dari riset, lanjutnya, perusahaan melalui marketer bisa menggunakan teknologi yang mudah seperti sosial media.

“Sosial media bisa digunakan untuk membangun strategi marketing. Selain itu, perusahaan perlu juga melihat markenya,” kata Dimas.

Baca Juga: Pentingnya Customer Relationship Management dalam Tingkatkan Penjualan

Ia menyatakan, riset juga dilakukan agar produk tetap eksis dan berumur panjang di kalangan masyarakat.

Product development yang terjadi bisa dalam hitungan detik, menit, hari atau minggu. Jadi perusahaan-perusahaan besar seperti Gojek bisa mengeluarkan fitur baru dalam hitungan minggu. Setelah itu harus ada ada test di beberapa market. Pada akhirnya produk kita tetap eksis karena tetap relevan. Kuncinya itu relevan,” tutup Dimas.

Baca Juga: Mobil Panas Saat Dipakai di Atas 100 Km/Jam? Mungkin Ini Penyebabnya

PenulisKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm