Sonora.ID - Sebuah brand pastinya memiliki tujuan untuk tidak hanya sekedar dikenal tetapi juga memiliki pelanggan yang setia atau loyal. Tingkat loyalitas yang dianggap paling tinggi adalah Loyalty Beyond Reason.
Loyalty Beyond Reason adalah kondisi ketika pelanggan memilih suatu brand tanpa berpikir dua kali. Katika brand tersebut sedang mengalami isu tertentu, pelanggan itu akan ikut membela tanpa adanya bayaran dari brand.
Dengan kata lain, pelanggan yang sudah di tahap ini, akan dengan suka rela menjadi influencer bagi lingkungannya dengan mempromosikan brand tersebut.
Baca Juga: Kira-Kira Kapan Sebenarnya Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha?
Brand Strategist MakkiMakki Brand Transformation Consultant, Yosephine Devina Tiurma menyatakan, ada tahap panjang yang harus dilalui dari brand awareness sampai terciptanya brand loyalty, termasuk yang terpenting di dalamnya adalah komunikasi yang baik antara brand dengan pelanggan.
“Memang dari brand awareness ke brand loyalty itu ada perjalanan yang panjang. Dari tahu, kita harus paham dulu, kemudian bisa terima atau tidak konsep dari brand, lalu selanjutnya mulai ada perubahan perilaku atau pemikiran tentang brand itu. Kemudian ada pembelian, sampai ke loyalitas,” jelas Devina.
Baca Juga: Seperti Apa Pengaruh Era Digital dalam Perkembangan Ekonomi Syariah?