Sonora.ID - Persaingan dibutuhkan untuk memicu pertumbuhan prestasi, termasuk prestasi sebuah bisnis. Pebisnis harus peka dengan kompetitronya, untuk kemudian melakukan lebih dari yang dilakukan kompetitor agar tetap bisa bertahan di pasar.
Dalam menghadapi persaingan ini, dibutuhkan strategi yang disebut dengan Marketing Battle Plan.
Strategi ini dimulai dari kesadaran pebisnis untuk mengetahui posisi bisnisnya, kemudian menyadari dan mengenal main competitor bisnis tersebut.
Baca Juga: Yuk Intip! Ini Lima Tips Sederhana untuk Memulai Usaha 'Jastip'
Business Analyst MarkPlus, Inc, Aretha menyatakan bahwa, strategi ini sebenarnya strategi yang sederhana. Asalkan pebisnis menyadari posisi bisnisnya, dan kompetitornya.
“Dengan Battle Plan ini, selain tahu posisi kita di mana, kita juga bisa menentukan strategi kita untuk survive terus, untuk sustain itu harus gimana? Dengan Marketing Battle Plan ini, kita mengategorisasikan menjadi 4 area, yaitu offensive, defensive, flanking, dan gerilya,” jelas Aretha.
Dari empat kategori tersebut, sebuah bisnis mengetahui posisinya tergantung dengan market leader dan kekuatan bisnis tersebut.
Baca Juga: Ingin Menjadi Pemimpin yang Baik? Perhatikan Arah Komunikasi Anda