Sonora.ID - Menjual bisnis kecil dengan nilai maksimum kepada pembeli yang tepat dengan persyaratan yang tepat bisa menjadi tantangan yang luar biasa, bahkan bagi pemilik bisnis yang berpengalaman.
Membeli dan menjual bisnis yang ada adalah proses yang kompleks, tetapi harus demistifikasi.
Pada tingkat paling dasar, prosesnya sangat mudah, seperti halnya pembelian satu barang. Pemilik usaha kecil menjual objek (dalam hal ini, bisnis mereka sendiri) kepada pembeli potensial untuk harga yang disepakati dan persyaratan yang dapat diterima bersama.
Baca Juga: Ini Dia! Empat Kiat Sukses dalam Mendulang Cuan a la Erick Thohir
Namun, seperti biasa, Anda harus menyusun kesepakatan dalam jual beli perusahaan.
Melansir dari Entrepreneur.com, berikut adalah empat hal utama yang perlu Anda ingat ketika Anda menjual bisnis atau perusahaan Anda.
1. Memahami seluruh proses
Meskipun setiap penjualan bisnis memiliki fitur unik, pasti ada langkah yang dilakukan secara umum.
Sebagai masalah awal, Anda harus menentukan nilai bisnis Anda. Ini membantu menetapkan kisaran harga yang wajar untuk perusahaan.
Selanjutnya, penjual (atau, lebih sering, broker penjual) menjangkau pembeli potensial. Mereka menyiapkan memorandum penawaran, atau dokumen informal yang melukiskan gambaran dasar bisnis dan apa yang termasuk dalam penjualan.
Baca Juga: Berikut 5 Jurus Jitu Mengatasi Krisis Ekonomi dari Pakar Kesuksesan