Cegah Kerusakan, Ini Waktu Yang Tepat Ganti Oli Gardan di Motor Matic

3 November 2019 08:29 WIB
Illustrasi Cegah Kerusakan, Ini Waktu Yang Tepat Ganti Oli Gardan di Motor Matic
Illustrasi Cegah Kerusakan, Ini Waktu Yang Tepat Ganti Oli Gardan di Motor Matic ( Instagram/ @astra_motor_center_yogyakarta)

Sonora.ID - Untuk tetap menjaga performa motor Anda dan juga menghindari dari kerusakan sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menganti oli secara tepat waktu dan berkala.

Meski dibandingkan oli mesin, waktu pergantian oli gardan memang lebih lama.

Baca Juga: AC Mobil Mulai Tak Dingin? Kenali 4 Ciri Kompresor AC yang Bermasalah

Namun pentingnya melakukan pengecekan secara berkala dan pencatatan tanggal dan waktu yang tepat untuk menganti oli gardan.

Karena terkadang banyak sekali pengguna motor, melupakan peranan dari oli gardan itu sendiri.

Baca Juga: Bengkel Resmi Yamaha kini Sediakan Layanan Modifikasi Motor!

Sehingga hanya berfokus pada oli mesin dan selalu menganti oli gardan lewat jatuh tempo yang seharusnya.

Mengingat pentingnya peranan dari oli gardan yang tak kalah penting dari oli mesin.

Ketepatan ganti oli gardan dapat menghindarkan beberapa komponen pada motor Anda dari keausan.

Lalu kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk menganti oli gardan tersebut?

Baca Juga: Dylan Carr Kecelakaan, Berikut 5 Tips Tingkatkan Konsentrasi Saat Berkendara

Secara umum jadwal ganti oli gardan adalah setiap 8.000 km atau 8 bulan pemakaian tergantung yang tercapai lebih dahulu.

Jadwal ini diperuntukan bagi Anda yang mengunakan motor secara rutin dan berkala.

 

Baca Juga: Begini Cara Melakuakan Tune Up yang Baik Menurut Pakar Otomotif

Lalu apa sih fungsi dari oli transmisi atau yang biasa disebut oli gardan itu sendiri ? Dan mengapa harus menganti oli gardan secara berkala dan tepat waktu?

Fungsi utama dari oli gardan adalah untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis.

Baca Juga: Memalukan! Suku Cadang Hilang dibobol Maling saat MotoGP Malaysia

Banyak sekali komponen yang saling bergesekan di dalam transmisi otomatis motor matic,  dan tidak dapat pelumasan dari oli gardan, maka akan terdengar suara berisik pada bagian box CVT bagian belakang.

Suara berisik pada box CVT bagian belakang disebabkan oleh gigi rasio yang kurang pelumasan bisa terkikis dan aus

Baca Juga: Pembalap Indonesia Meninggal Usai Crash di Asia Talent Cup Sepang

 

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm