Sonora.ID - Memiliki mobil yang sudah berumur cukup tua memang membutuhkan lebih banyak perawatan. Pasalnya, masalah yang dialami juga semakin beragam.
Seorang pengendara mobil bermerek Honda tipe Jazz tahun 2005, dengan jarak tempuh 23.000 kilometer, mengeluhkan permasalahan saat ia kemudikan mobil dengan kecepatan 100 km/jam kemudian di rem, mobilnya akan langsung bergetar.
Lantas, ia bertanya mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Baca Juga: Begini Cara Pemeliharan AC Mobil yang Baik Menurut Ahli Otomotif
Dalam acara klinik otomotif Sonora FM, Bebin Djuana selaku ahli otomotif membantu menjelaskan permasalahan tersebut.
Jika saat dilakukan pengereman mobil terasa bergetar, Bebin mengatakan jelas ada masalah di bagian rem.
Untuk mengetahui bagian rem mana yang bermasalah, Bebin menjelaskan beberapa cara untuk menganalisisnya.
Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Rem Mobil dengan Baik dan Benar? Ini Kata Pakar
Jika saat mengerem yang bergetar bagian setir, biasanya rem depan yang bermasalah. Pada umumnya hal ini disebabkan karena piringan rem yang sudah tidak rata atau bergelombang.
Untuk memperbaiki hal ini, kita dihadapkan pada dua pilihan, piringan rem (rotor disc) dibubut atau diganti baru.
Jangan lupa untuk memeriksa brake pads karena mungkin brake pads sudah habis sehingga rotor disc berhadapan langsung dengan besi dudukan/ alas brake pads sehingga rotor disc mengalami panas yang berlebihan.
Selain itu, keadaan ini juga bisa disebabkan karena seringnya melakukan pengereman pada kecepatan tinggi.
Bebin menjelaskan lain lagi jika bodi yang bergetar pada saat direm, biasanya yang dicurigai adalah rem belakang. Penyebabnya juga bisa sama dengan yang sebelumnya.
Baca Juga: Ingin Menambah Daya Pada Mesin Mobil Injeksi? Begini Caranya
Kadang penyebabnya adalah rem tangan yang lupa diturunkan, sehingga selama perjalanan seperti setengah rem terus-menerus.
Selain itu bisa juga karena terjadi penyumbatan pada selang rem belakang, sehingga minyak rem sulit kembali ketika pedal rem dilepaskan.
Jika menemukan masalah ini, selain membubut/mengganti rotor disc/drum brake, jangan lupa untuk mencermati kondisi brake pads/brake shoe. Jika masa kerjanya sudah habis, sebaiknya diganti saja.
Baca Juga: Aki Mobil Sering Tekor? Kenali Penyebab dan Solusinya Menurut Pakar
Masalah yang paling besar adalah jika rotor disc/drum brake sudah dibubut atau diganti, dan dipaksa bekerja sama dengan brake pads/shoe yang sudah tidak rata atau malah sudah mengeras.
Selain akan memperpendek umur rotor disc/drum brake, juga hasilnya tidak akan maksimal.