Sonora.ID - Banjir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 tidak hanya membuat sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga tergenang.
Sejumlah kegiatan ekonomi yang biasanya berjalan lancar juga menjadi terhambat, seperti halnya layanan transportasi online, Gojek.
Gangguan layanan transportasi Gojek ini juga banyak dikeluhkan oleh para pengguna, salah satunya diceritakan oleh seorang pengguna Twitter @zonnebloemia.
Baca Juga: Situs PetaBencana Untuk Memantau dan Melaporkan Banjir di Jabodetabek
Ia tidak juga mendapatkan pengemudi yang mau menjemputnya saat pulang kerja, bahkan setelah menunggu selama satu jam.
Udh pulang kerja dari sejam yg lalu tp masih terjebak di kantor, krn drtd ga dapet gojek grgr banjir dan jalan jd makin nambah maceeeeetttt :))))
— mia (@zonnebloemia) January 2, 2020
Dilansir dari Kompas.com, Vice President Corporate Communications Gojek, Kristy Nelwan menyatakan, Gojek tetap beroperasi dengan normal.
Baca Juga: Gratis! Arsip Nasional RI Buka Layanan Restorasi Dokumen Penting bagi Korban Banjir
Namun, ia tak memungkiri, banyak mitra pengemudi yang mengalami berbagai hambatan dalam melayani kebutuhan pelanggan di tengah kepungan banjir.
"Kami sampaikan bahwa aplikasi Gojek tetap beroperasi seperti biasa, dengan catatan adanya kemungkinan hambatan lapangan di titik-titik lokasi yang terdampak banjir," kata Kristy, Kamis (2/1/2020).
Jika ada konsumen yang mengalami penolakan atau sulit mendapatkan pengemudi yang mau menerima pesanannya, Kristy menjelaskan bahwa semua itu karena alasan keselamatan.
Ia mengatakan, sebagian ruas jalan terendam banjir dengan kedalaman air beragam sehingga tidak memungkinkan pengemudi untuk menerima pesanan yang masuk.
"Keamanan dan keselamatan pelanggan dan mitra selalu menjadi prioritas utama dalam operasional Gojek, demikian juga saat ini," ujar Kristy.
Baca Juga: Dampak Banjir, Waspada Hipotermia! Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya
Sementara itu, bagi mitra yang terdampak banjir, Gojek akan memantau dan memberikan bantuan evakuasi serta pemberian logistik seperti makanan dan tempat menginap sementara.
Dalam situasi seperti ini, Kristy mengimbau semua pihak termasuk konsumen dan mitra untuk selalu memantau kondisi banjir terkini dari sumber-sumber yang kredibel.
“Gojek mengimbau agar kita senantiasa waspada dan terus mengikuti perkembangan terkini mengenai kondisi wilayah yang bersangkutan dari sumber resmi pemerintah," kata dia.
Baca Juga: Musim Rawan Bajir, Ini 3 Tips Aman Menurut Ahli untuk Terjang Banjir
Dengan mengetahui kondisi ini, diharapkan konsumen dan mitra bisa mengetahui apakah memungkinkan layanan Gojek dapat diakses.