Sonora.ID - Akibat dari wabah virus corona atau Covid-19 yang sudah mulai menyebar di Tanah Air, banyak orang yang memilih untuk berdiam di rumah dan menjauhi keramaian.
Banyak perusahaan yang sudah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.
Hal ini tentunya sangat memiliki dampak yang negatif bagi para pemilik bisnis di bidang apapun, banyak yang merugi akibat dari wabah virus corona.
Baca Juga: Keren, Siwon Berikan Motivasi Lawan Virus Corona dengan Bahasa Indonesia
Melansir dari Entrepreneur, Senin (23/3/2020) ada empat hal yang dapat Anda lakukan untuk mengelola bisnis Anda agar tetap berjalan di tengah pandemi ini berlangsung.
Menjelaskan
Apabila Anda adalah seorang pemimpin atau manajer bisnis, Anda harus menjelaskan tujuan dan peran Anda kepada seluruh tim.
Seorang Manajer harus memastikan bahwa setiap individu memahami skenario saat ini, apa yang terjadi di hari ini, di masa depan, juga visi misi tim, dan target bisnis bagi segmentasi pasar Anda.
Kejelasan bisnis secara keseluruhan akan menghasilkan kinerja yang lebih dan dapat meningkatkan motivasi terhadap pekerjaan.
Baca Juga: Jokowi Umumkan Insentif Tenaga Medis yang Tangani Corona Hingga Rp 300 Juta
Komunikasi
Komunikasi adalah salah satu elemen yang paling penting untuk sebuah kesuksesan sebuah tim. Hal ini akan menjadi penting ketika bekerja dari jarak jauh atau WFH.
Dengan adanya komunikasi, akan sangat membantu dalam hal pengambilan keputusan dan menjangkau anggota untuk kerja efektif dari proses bisnis internal yang baru saja diubah dan disesuaikan.
Menghubungkan
Untuk mengatasi tantangan baru ini, sudah saatnya bagi Anda untuk melakukan interaksi pribadi. Karyawan yang bekerja dari rumah mungkin akan merasa tersisih dan mengalami diskriminasi yang bisa menurunkan efisiensi dan komitmen mereka.
Baca Juga: Layanan Langganan Obat Pertama di Indonesia, Lifepack Jadi Solusi Penderita Penyakit Kronis
Kuncinya adalah mendengarkan karyawan, memercayai dan memberi mereka rasa hormat menggunakan keterbukaan selama panggilan komunikasi dan menanyakan kesehatan mereka.
Selain mereka merasa mendapat perhatian khusus, ini juga dapat menghasilkan kerja yang efektif.
Hal yang harus dilakukan
Anda juga harus memastikan bahwa semua karyawan memiliki akses ke teknologi yang diperlukan. Mulai dari siapa yang memiliki akses ke internet dan laptop, bagaimana jadwal kehadiran dan waktu dikelola, hingga banyak lainnya.
Anda harus mampu mensejajarkan diri Anda dengan perubahan dan berperilaku menuju cara pengelolaan hari yang terorganisi dengan baik.
Baca Juga: Netflix Sumbang Rp 1,6 T untuk Industri Kreatif yang Terpapar Virus Corona
Sebagai seorang manajer, Anda perlu menanyakan kepada rekan kerja Anda apa yang dapat mereka lakukan untuk memastikan bahwa transisi yang tiba-tiba dan cepat.
Karyawan yang bekerja dari rumah pasti akan bertanya bagaimana kondisi perusahaan, apakah mereka akan mendapat gaji tepat waktu dan banyak hal yang ditakuti lainnya. Anda harus terus memastikan mereka bahwa semuanya akan baik-baik saja.