Sonora.ID - Bagi para pengendara mobil, mungkin parkir mobil dengan posisi lurus sering dianggap sebagai alasan estetika atau kerapihan saja.
Namun, beberapa orang juga percaya bahwa meluruskan setir mobil saat parkir sesuai dengan garis merupakan salah satu cara agar komponen power steering menjadi lebih awet.
Apakah hal tersebut benar atau hanya mitos belaka?
Baca Juga: Bukan Hand Sanitizer, Ini Cairan yang Aman untuk Bersihkan Interior Mobil
Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, alasan meluruskan setir saat parkir mobil sebenarnya agar mobil mudah di dorong.
“Posisi setir lulus saat parkir sebenarnya bertujuan agar mobil bisa dipindah atau di dorong dengan mudah. Apalagi kondisi Jakarta yang minim lahan parkir, banyak mobil yang parkir paralel, sehingga sering kali menutupi mobil lainnya yang ingin jalan,” ujar Bambang seperti yang dikutip dari Kompas.com (27/03/2020).
Baca Juga: Cuma Keluar Rp 20 Ribu, Ini Cara Mudah Bersihkan Jamur Membandel di Kaca Mobil
Menurut Bambang, parkir mobil dengan setir yang tidak lurus tidak akan merusak komponen mobil keluaran terbaru.
“Parkir dengan posisi ban lurus atau miring tidak akan ada pengaruhnya untuk mobil-mobil keluaran saat ini. karena mereka sudah menganut electric power steering (EPS),” kata Bambang.
Motor elektrik pada EPS mendapat tenaga listrik dari perintah electronic control unit (ECU) yang bekerja mengikuti perputaran mesin.
Sehingga EPS mengandalkan motor elektronik untuk memberi tekanan pada rack steer.
Baca Juga: Ternyata Pewangi Mobil Tertentu Punya Efek Buruk Untuk Mobil, Lho!
Berbeda dengan mobil keluaran lama yang masih menganut power steering hidraulis yang mengandalkan oli, dan memang ban harus dalam keadaan lurus saat parkir.
Artinya meskipun parkir dalam keadaan ban berbelok, motor elektrik pada sistem EPS tidak mendapat energi listrik.
Hal ini yang membuat tidak terbebani seperti halnya pada power steering hidraulis.
Baca Juga: Apa Dampak Isi Bensin Mobil yang Tidak Sesuai dengan Kompresi Mesin?
“Jadi tidak ada pengaruhnya parkir dengan ban lurus atau miring, karena saat mesin mati tidak ada penyaluran tenaga ke ECU atau perangkat elektrikal lainnya,” kata Bambang.