Pemprov DKI Beri Layanan Kesehatan Jiwa Pada 1.730 Klien Terdampak Covid-19

28 April 2020 17:40 WIB
Pemprov DKI Beri Layanan Kesehatan Jiwa Pada 1.730 Klien Terdampak Covid-19
Pemprov DKI Beri Layanan Kesehatan Jiwa Pada 1.730 Klien Terdampak Covid-19 ( Tangkap Layar)

Sonora.ID - Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah memberikan layanan kesehatan jiwa kepada masyarakat terdampak Covid-19, melalui dinas kesehatan DKI Jakarta.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia Handayani mengatakan hingga tgl 27 April 2020 sebanyak 1.730 klien.

Adapun yang mendapatkan perawatan adalah yang berkatagori Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan keluarganya telah menerima layanan kesehatan jiwa.

Baca Juga: Dapat Izin Beroperasi Saat PSBB, Satpol PP Tak Bisa Tertibkan Toko Aksesoris HP di Makassar

Layanan ini juga diberikan kepada tenaga medis dan tenaga penunjang yg terlibat dalam penanganan covid-19 di DKI Jakarta.

Berikut keterangannya di Posko tanggap darurat penanganan wabah covid-19 di Balai Kota DKI Jakarta hari ini.

"Untuk layanan kesehatan jiwa Pemprov DKI Jakarta melalui dinas kesehatan sampai dengan tgl 27 April 2020 telah memberikan layanan kesehatan jiwa atau kesehatan mental terhadap masyarakat yg terdampak covid-19 kepada 1730 klien baik OTG ODP PDP maupun keluarganya," tutur Dwi Oktavia

Baca Juga: Selama Pandemi Covid-19 & Ramadan, Presiden Minta Manajemen dan Distribusi Bahan Pokok Tak Terganggu

"Layanan ini diberikan oleh psikolog yg bertugas di puskesmas di provinsi DKI Jakarta. Layanan konseling ini juga diberikan untuk para tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang terlibat dalam pelayanan covid-19," tegas Dwi

Lebih lanjut Dwi Oktavia mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga memberikan pembekalan kepada agen call center 112 dalam memberikan pertolongan pertama.

Terutama yang dibutuhkan saat krisis psikologis akibat dampak covid-19, yg mungkin dialami warga yang mengakses call center 112.

Adapun pembekalan ini juga menjadi mekanisme self healing atas dampak pekerjaan yang mungkin dialami agen call center 112.

Baca Juga: Berbeda dari Tahun Sebelumnya, Penjual Takjil sekitar Masjid Al-Akbar Surabaya Berkurang Drastis

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm