Medan, Sonora.ID - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menyiapkan skenario the new normal sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor S-336 tahun 2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.
Direktur SDM Pelindo I, Hamied Wijaya mengatakan, penyiapan skenario the new normal di lingkungan Pelindo I yang wilayah kerjanya berada di provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau akan menyesuaikan kondisi dan kebijakan pemerintah daerah setempat.
Adapun selama pandemi Covid-19, Pelindo I terus melakukan layanan operasional logistik 24 jam dalam 7 hari dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejak kapal akan bersandar di pelabuhan.
Baca Juga: Siap Hadapi New Normal, Begini Skenario Pelindo IV yang Dilakukan Secara Bertahap
Pelindo I bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani jika telah berstatus bebas karantina.
Pelindo I juga telah menerapkan digitalisasi dalam sistem pelayanan jasa kepelabuhanan yang memudahkan para pengguna jasa untuk menggunakannya.
Selain itu, sistem e-berthing juga diterapkan di Pelabuhan Tanjungpinang yang digunakan untuk permintaan pelayanan tambatan kapal secara online yang diajukan oleh perusahaan pelayaran.
“Layanan digital ini sudah kita terapkan di seluruh lingkungan Pelindo I. Kami akan mengoptimalkan layanan tersebut saat penerapan skenario the new normal agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar,” jelasnya.
Sementara itu, bagi para pengguna jasa yang ingin melakukan interaksi seperti penyampaian keluhan, klaim dan informasi seputar Pelindo I dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi digital yang dapat diakses melalui web portal customer, layanan call center, email masing-masing cabang pelabuhan, dan komunikasi melalui Whatsapp Group.
Baca Juga: New Normal Ditunda, Disbudpar Kota Semarang Tetap Siapkan Simulasi Wisata
Apabila diperlukan kebutuhan pertemuan bertatap muka diprioritaskan melalui online meeting.
Dalam penerapan the new normal ini, Pelindo I dalam melakukan interaksi kepada para penyedia barang dan jasa juga lebih banyak memanfaatkan teknologi dengan penggunaan media web portal iProcura Pelindo I https://eproc.pelindo1.co.id.
Namun jika ada pengguna jasa atau tamu yang harus bertatap muka secara langsung karena keperluan yang mendesak, maka diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan di lingkungan Pelindo I seperti pengecekan suhu badan, penggunaan masker, hand sanitizer, serta penerapan physical distancing.