Balikpapan, Sonora.ID - Dalam melayani pengguna jasa pada penerbangan New Normal PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Sepakati Penyediaan Layanan Kesehatan Rapid Test untuk memudahkan kelengkapan dokumen persyaratan sebelum terbang.
Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan di Kantor Administrasi PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Jumat (24/7/2020).
Acara dihadiri General Manager Bandara SAMS Sepinggan Farid Indra Nugraha, Direktur Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) dr M Noor Khairuddin, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Balikpapan dan Para Anak Perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero).
Baca Juga: Biaya Rapid Test di 12 Stasiun KAI Dibanderol Rp 85.000
General Manager Bandara SAMS Sepinggan Farid Indra Nugraha mengatakan, "Kami sebagai pengelola Bandar Udara selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik, untuk itu sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan, kami sepakat menyediakan pelayanan kesehatan di Bandara bersinergi dengan BUMN melalui RSPB".
"RSPB rencananya akan menerapkan layanan Rapid Test hingga PCR yang fasilitasnya di atur oleh kementerian kesehatan, tentu kami memohon juga pengawasan dan bimbingan oleh KKP," ujar Farid
"Saya berharap semoga dengan penyediaan layanan kesehatan ini bisa lebih memudahkan pengguna jasa melengkapi persyaratan sebelum melakukan penerbangan,".
Direktur RSPB dr M Noor Khairuddin menyampaikan kebahagian bisa bekerjasama dengan AP I Balikpapan. karena bisa berkolaborasi diantara BUMN.
"Saya ucapkan terima kasih kepada PT Angkasa Pura I telah memberikan ruang untuk kami menyediakan fasilitas layanan kesehatan bersama-sama bersinergi sesama BUMN,” ucapnya.
"Nantinya di Bandara SAMS Sepinggan layanan bukan hanya melalui konsultasi saja, tapi akan melakukan layanan Rapid Test dan PCR serta ada medical evakuasi. Kemudian harus dipertimbangkan bukan hanya diperiksa, akan ditindak lanjuti jika ada hasilnya reaktif rapid test atau positif PCR," ujarnya.
"Mudah-mudahan layanan kami betul-betul bersinergi dengan Angkasa Pura I sehingga keberadaan kami memberi manfaat baik ke Angkasa Pura I maupun untuk masyarakat," harap khairuddin.
Baca Juga: 95 Persen PPDP KPU Kota Balikpapan Dinyatakan Non Reaktif, Sisanya?
Terkait pengawasan dokumen kesehatan pengguna jasa di Bandara SAMS Sepinggan, Kepala KKP Kelas II Balikpapan, dr. M. Zainul Mukhorobin mengatakan, KKP selaku mewakili Kementerian Kesehatan yang ada dipintu masuk dan keluar dalam hal Bandar Udara prinsipnya menyetujui namun kita harus selalu tunduk dengan aturan yang ada.
"Harapan saya semoga kita terus bersinergi menghadapi masa New Normal ini dan pandemi Covid-19 cepat berlalu, sukses atas dibukanya fasilitas kesehatan di Bandara SAMS Sepinggan", tambahnya.
Untuk diketahui Bandara SAMS Sepinggan selama priode 1 - 23 Juli 2020 pada penerbangan New Normal telah melayani penumpang sebanyak 126.159 dan rute penerbangan favorit yakni Jakarta, Surabaya dan Tarakan