Palembang, Sonora.ID - Membuat media sosial memiliki peran penting dalam hal berpromosi.
Sri Andayani, S.Kom, M.Cs, Dosen Sistem Informasi Unika Musi Charitas dalam acara IT Corner Sonora FM Palembang (1/09/2020 ) mengatakan bahwa peran media sosial dalam hal promosi adalah membangun awareness, berinteraksi dengan pelanggan, mengedukasi pelanggan serta menawarkan promosi dan event.
“Penggunanya yang tinggi, serta kemampuannya membuat, bertukar dan berbagi informasi dengan berbagi bentuk seperti foto, video, teks dan audio, membuat media social adalah hal yang penting ketika hendak berpromosi,” ujarnya.
Baca Juga: Wajib Tau Inilah Pentingnya Memberikan Pelayanan Prima Bagi Customer
Ia menambahkan saat ini media sosial yang biasanya digunakan untuk promosi adalah YouTube, Instagram, Facebook dan Blog.
Dalam membuat konten yang efektif pada YouTube, penggunanya harus memperhatikan beberapa tips, seperti video lebih baik antara 1 – 3 menit, gunakan eksternal microphone untuk suara yang lebih baik, tambahkan “tags” atau kata kunci yang relevan agar video anda menjadi lebih mudah ditemukan, tulislah deskripsi video yang detail dan menarik.
Baca Juga: Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia, Kekayaannya Melambung Semenjak Pandemi
Dalam membuat konten yang efektif pada Instagram, penggunanya juga perlu memperhatikan beberapa tips seperti unggahlah konten dengan penyesuaian warna atau tema agar akun anda terlihat lebih menarik, buatlah Instagram story 15 detik untuk memancing user melihat ke video, manfaatkan fitur filter dan edit di Instagram sebelum memposting konten agar terlihat lebih cantik, Selingi konten tips dan quote inspiratif ataupun promosi.
Baca Juga: Budget Marketing Besar-Besaran tapi Tidak Berhasil? Perhatikan Pentingnya Copywriting!
“Nah untuk di Facebook penggunanya sebaiknya update status yang menyapa user secara ramah, bagikanlah berita yang berhubungan dengan usaha anda dari sumber lain, buatlah album foto mengenai produk/usaha anda sesuai tema, tunjukkan review yang bagus dari pelanggan. Dan untuk di Blog penggunanya sebaiknya membahas detail artikel tentang sebuah topik, bisa mengenai review restoran, testimoni ataupun bagaimana membuat kerajinan tangan. Berikan koleksi foto yang cantik agar lebih menarik. Tempelkan video yang sudah di upload ke YouTube dan gunakan bahasa yang bersahabat saat menulis artikel,” pungkasnya.