Palembang, Sonora.ID - Pelayanan prima (service excellence) adalah bagaimana seorang pelaku bisnis mampu memberikan sebuah pelayanan kepada customer yang tidak hanya sampai di level kepuasan customer, tapi bagaimana mampu melakukan pelayanan melampaui harapan customer.
Service Excellence tentunya harus dimiliki setiap perusahaan guna tercapainya target penjualan serta membangun kepercayaan kepada customer.
Motivator dan Ice Breaker, Ferdi Kawi membagi tiga teknik supaya pelayanan prima (service excellence) bisa terwujud, di antaranya:
Baca Juga: Pentingnya Media Sosial Sebagai Media Promosi di Era Digital
5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun)
Kelima poin ini sangat penting sekali saat kita ingin bertemu customer kita, pastikan kita berikan 5S ini.
Kelima hal ini tentunya dapat menunjang bagaimana cara kita beretika ke customer, dan juga menjaga penampilan. Hal ini merupakan pondasi awal dalam memberikan pelayanan prima.
Baca Juga: Budget Marketing Besar-Besaran tapi Tidak Berhasil? Perhatikan Pentingnya Copywriting!
Empati
Empati merupakan hal yang paling penting dalam keberhasilan service excellence.
Ketika perusahaan tidak mampu memberikan apa yang diinginkan customer, usahakanlah perusahaan tersebut memberikan solusi kepada customer supaya mereka tidak kecewa.Jangan sampai perusahaan tersebut hanya memberikan alasan, tetapi berikanlah solusi.
Extra
Teknik terakhir yang membuat service excellence berjalan efektif adalah Extra. Bagaimana anda mampu memberikan sesuatu yang tidak anda janjikan tapi anda berikan ke customer.
Baca Juga: Ingin Jadi yang Terdepan? Berikut Faktor-Faktor Terwujudnya Jiwa Kepemimpinan
Misalnya dalam suatu even anda memiliki kontrak kepada customer anda hanya menyediakan 100 peserta, tetapi menjelang even berlangsung anda berikan extra 20 peserta secara cuma-cuma.
Apabila kita lakukan ini otomatis harga menjadi nomor sekian bagi sang customer, karena mereka sudah percaya kepada anda.
Oleh karena itu, sangat penting sekali bagi para pelaku bisnis untuk memberikan pelayanan prima (service excellence) kepada pelanggan, dengan harapan semakin meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang dijalankan.
Baca Juga: Strategi Pengusaha Perjalanan Umroh di Tengah Pandemi dengan Cara 'ICE'