Palembang, Sonora.ID - Suksesnya sebuah bisnis salah satunya dapat dilihat dari banyaknya pendapatan yang diperoleh berkat hasil dari penjualan kepada customer. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pelayanan prima (service excellence) yang dilakukan tim dari perusahaan.
Lantas, bagaimana cara memastikan kualitas produk atau layanan yang diberikan akan membuat pelanggan puas, dan bahkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan ?
Oleh karena itu perusahaan harus memberikan service excellence, dengan melakukan segala tindakan yang diperlukan atau melebihi harapan pelanggan, agar pelanggan puas dan datang kembali untuk memberi produk atau layanan yang ditawarkan.
Baca Juga: Puncak Kemarau, BMKG Imbau Warga Sumsel Waspadai Kondisi Kering
Motivator dan Ice Breaker, Ferdi Kawi membagi tiga pilar yang mempengaruhi suksesnya perusahaan dalam memberikan pelayanan prima (service excellence) kepada customer yang terbagi menjadi 3P yakni Produk, Proses dan People. Berikut penjelasannya :
Hal pertama yang harus dimiliki perusahaan sudah pasti Produk. Maka dari itu, perusahaan harus benar-benar memastikan bahwa produk yang mereka jual haruslah berkualitas dan memiliki standard yang baik guna menunjang tercapainya service excellence.
Pilar selanjutnya adalah Proses. Tidak penting sebaik apa kualitas produk yang anda jual, apabila proses atau pelayanan yang diberikan kepada customer tidak sesuai harapan bahkan mengecewakan, maka service excellence dari perusahaan tidak berjalan baik.
Baca Juga: Penduduk Sumsel, Siap-siap Terima Kedatangan Petugas Sensus ke Rumah
Diantara ketiga pilar yang mempengaruhi suksesnya perusahaan dalam memberikan pelayanan prima (service excellence) kepada customer, People atau sumber daya manusia merupakan merupakan pilar utama yang akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan.
Berdasarkan penelitian, penyebab mayoritas pelanggan meninggalkan bisnis kita adalah karena sikap petugas yang kurang peduli saat berinteraksi dengan pelanggan.
Untuk itulah perusahaan perlu menanamkan pentingnya service excellence kepada seluruh karyawannya, agar pelanggan senantiasa puas, kepuasan pelanggan senantiasa terjaga, dan pelanggan akan loyal kepada produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
Ferdi menjelaskan, ketiga pilar ini tentunya harus saling berkesinambungan, dikarenakan service excellence dari perusahaan tidak akan terwujud apabila satu dari ketiga pilar ini tidak ada.
Baca Juga: Pemkot Palembang Segera Tingkatkan Kebersihan dan Normalisasi Sungai