Palembang, Sonora.ID – Di era modern saat ini bisnis secara online merupakan salah satu strategi bisnis yang wajib dijalankan oleh para pelaku bisnis.
Namun dengan berbagai kemudahan yang diberikan saat melakukan bisnis online, masih banyak orang yang menganggap remeh bisnis online karena bisnis ini dilakukan di internet.
Bisnis online dianggap mudah karena hanya membutuhkan gadget dan internet dalam kegiatan operasionalnya.
Baca Juga: Jadi Kunci pada Bisnis Online, Berikut Teknik Copywriting yang Menarik
Meski demikian, bisnis online tidak semudah kelihatannya. Ada banyak tantangan yang perlu dihadapi.
Yenny Anggraini salah satu pelaku UMKM asal Palembang menceritakan berbagai kendala dan tantangan yang dihadapinya saat melakukan bisnis secara online.
Pelaku UMKM yang menjual produk kuliner ini mengungkapkan, tantangan yang harus dirinya hadapi saat melakukan bisnis secara online adalah membuat branding produk supaya customer tertarik.
Baca Juga: Jangan Ragu, Tak Ada Kata Terlambat untuk Mulai Membangun Bisnis
“Karena produk yang kita jual ini dipasarkan melalui media online atau dalam artian tidak nyata (hanya sebatas gambar), oleh karena itu membuat branding produk supaya customer tertarik meski hanya sebatas gambar saja, merupakan tantangan sulit saat kita baru memulai bisnis secara online,” katanya kepada Smart Fm Palembang, Senin (07/09).
Selanjutnya, tantangan yang sering dihadapi saat berbisnis online adalah menjaga kualitas produk secara konsisten.
“Apalagi di tengah pandemi saat ini, saya amati banyak sekali pelaku UMKM yang mulai merubah atau mengurangi kualitas produk yang saya tidak tahu alasannya apa. Namun yang pasti, konsistensi menjaga produk merupakan tantangan sulit yang biasa dihadapi saat berbisnis online,” ujarnya.
Baca Juga: Tips Memanfaatkan Komunitas Sebagai Koneksi untuk Membangun Bisnis
Yenny pun mengimbau kepada para pelaku UMKM supaya tidak cepat puas dengan berbagai kemudahan yang diberikan dalam berbisnis online.
Ia pun meminta supaya pelaku UMKM tetap berinovasi, karena inovasi akan menjadi kunci agar bisa bertahan di masa seperti sekarang ini.
“Inovasi bisa dilakukan dengan cara memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan layanan digital ataupun media sosial. Selain itu, kualitas produk juga harus diperhatikan. Salah satunya seperti yang kita lakukan yakni menjual frozen food dengan menjaga kemasan agar tetap higienis. Hal ini kita lakukan supaya produk yang kita jual melalui media sosial tidak mengecewakan customer,” tutupnya.
Baca Juga: Jadi Kunci pada Bisnis Online, Berikut Teknik Copywriting yang Menarik