Pemasaran Produk Dalam Pandemi, Pelaku UKM Harus Manfaatkan Digital 

16 Oktober 2020 13:55 WIB
Webinar seri kedua yang diselengarakan Pertamina MOR V dan Smart FM Surabaya (KG Radio Network) yang bertema Rebound Strategi UMKM : Pengoptimalan Digital dalam penjualan terkait Pandemi Covid 19, pada Kamis (15/10/2020).
Webinar seri kedua yang diselengarakan Pertamina MOR V dan Smart FM Surabaya (KG Radio Network) yang bertema Rebound Strategi UMKM : Pengoptimalan Digital dalam penjualan terkait Pandemi Covid 19, pada Kamis (15/10/2020). ( Sonora FM Surabaya)

Surabaya, Sonora.ID – Situasi pandemi seperti saat ini mengharuskan pelaku usaha seperti UMKM untuk segera beradaptasi dalam hal memasarkan produknya.

Digitalisasi menjadi pilihan utama dan menjadi konsep pemasaran produk agar bisa sampai pada pada konsumen.

Mengutip dari TribunNews.com, bahwa saat ini market memang berubah sebagai akibat pandemi Covid-19 sehingga pelaku UMKM harus beralih secara digital untuk memasarkan produknya

Pandemi Covid 19 memaksa pelaku UMKM melakukan perubahan strategi karena konsumen atau market yang berubah. Salah satunya mengoptimalkan penjualan melalui digital, baik media sosial maupun market place.

Baca Juga: Pt Inti Kembali Kucurkan Dana Bergulir UMKM Untuk Bertahan Di Musim Pandemi

Pelaku UKM dituntut jeli dan menyesuaikan dalam memakai digital untuk memasarkan produknya.

Demikian salah satu tips yang disampaikan, Andri Firmansyah (Olshop Scientist & Social Media Practitioners, dan Owner Batitktusta) saat menjadi narasumber dalam webinar seri kedua yang diselengarakan Pertamina MOR V dan Smart FM Surabaya (KG Radio Network) yang bertema “Rebound Strategi UMKM : Pengoptimalan Digital dalam penjualan terkait Pandemi Covid 19, pada Kamis (15/10/2020).

Rustam Aji, Unit Manager Communication & CSR - Marketing Operation Region V mengatakan bahwa webinar untuk UMKM ini merupakan salah satu upaya PT. Pertamina dalam membangkitkan kembali ekonomi Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid 19.

Baca Juga: Dari Rp 1 Triliun, 65 Persen Dana PEN Sulsel Diarahkan ke Sektor UMKM

Webinar untuk UMKM ini juga sekaligus bentuk kewajiban CSR Pertamina melalui program kemitraan, yang salah satunya adalah membantu UMKM dalam permodalan, promosi dan peningkatan ketrampilan.

Pertamaina telah menerapkan program kemitraan sejak tahun 1994.

Lebih dari 50 ribu UKM telah merasakan dampak dari program kemitraan ini.

Baca Juga: Wali Kota Malang Dorong UMKM Segera Daftar di Website Bela Pengadaan agar Masuk Dalam Belanja Mamin

Dana yang telah tersalurkan untuk pengembangan UMKM sejak tahun 1993 lalu sebesar Rp 3,3 triliun.

Salah satu UMKM yang merasakan manfaat program kemitraan Pertamina adalah ibu Harifah - Kesra Bordir.

“Saya sangat terbantu dengan adanya program kemitraan Pertamina. Selain mendapat akses permodalan juga dibantu dalam promosi dan akses pasar serta peningkatan ketrampilan,” kata Harifah dalam testimoninya saat mengikuti webinar.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm