Bandung, Sonora.ID - Mulai Jumat (20/11) hingga Minggu (22/11) Bank Indonesia menggelar perhelatan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2020 secara virtual dalam tiga seri sejak Agustus 2020.
Event ini merupakan rangkaian dalam mendukung peningkatan kontribusi UMKM di perekonomian nasional.
Diketahui Bank Indonesia sendiri telah menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) ini sejak tahun 2016.
Baca Juga: Fintech P2pl Memperluas Akses Pendanaan Bagi Umkm Di Daerah Istimewa Yogyakarta
Pada seri pertama dan kedua, Karya Kreatif Indonesia mendorong UMKM ekspor dan UMKM digital sekaligus mendorong Gerakan Bangga Buatan Indonesia.
Khusus tahun ini, dalam kondisi pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat UMKM untuk berkarya dalam KKI 2020.w
Mengusung tema "UMKM Sahabat Milenial", KKI 2020 Seri Ketiga diharapkan bisa mendorong generasi muda memiliki semangat cinta UMKM dengan mencintai produk lokal serta menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi perekonomian bangsa.
"Walaupun dalam kondisi pandemi, tidak menyurutkan upaya dan semangat kami untuk terus membina UMKM untuk menjadi lebih kuat, kreatif, dan siap beradaptasi dalam era kenormalan baru. Selain itu, harus pula adanya inovasi teknologi yang pesat guna mendorong perkembangan model bisnis baru UMKM yang serba cepat, mudah, dan murah," papar Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo pada Pembukaan KKI 2020 secara virtual, Jumat (20/11/2020).
Baca Juga: Supaya Survive di Tengah Pandemi, ini Pesan Kadin Koperasi dan UMKM Palembang
KKI 2020 seri ketiga ini diadakan dengan mengutamakan 3 pilar, yakni korporatisasi sebagai upaya untuk penguatan kelembagaan UMKM, menghadirkan kapasitas yang diarahkan pada peningkatan UMKM dalam penciptaan nilai tambah termasuk melalui digitalisasi, dan pembiayaan untuk perluasan akses keuangan UMKM.
Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto mengatakan, bahwa Jawa Barat juga sudah menghadirkan karya-karya terbaik dari UMKM pilihan dalam Karya Kreasi Jawa Barat (KKJ) yang sudah digelar Agustus 2020 lalu.
Baca Juga: Menyelamatkan Oleh-Oleh Khas Penajam Paser Utara dari Pandemi Covid-19
"Karya Kreatif Jawa Barat yang sudah kita selenggarakan merupakan langkah menuju ke KKI 2020 ini," ucap Herawanto di Bandung, Jumat (20/11/2020).
"Event ini bertujuan untuk mengangkat UMKM-UMKM yang terseleksi untuk dijadikan sebagai contoh bagaimana produk-produk kreatif di Jawa Barat bisa dikembangkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan juga sebagai rangkaian pemulihan ekonomi Jawa Barat kedepannya," pungkasnya.
Diketahui kegiatan ini juga merupakan sinergi berkelanjutan antara Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi, Dekranasda, OJK dan Perbankan Jawa Barat.
Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia seluruh nusantara didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar internasional.
Baca Juga: Gerakan Ojir Menjadikan TPKAD Kota Malang Raih Penghargaan Nasional 2020