Palembang, Sonora.ID - Komunikasi yang efektif dapat terwujud apabila pesan yang disampaikan komunikator didengarkan dengan baik oleh komunikan.
Sebaliknya, apabila pesan tersebut tidak didengarkan dengan baik maka proses komunikasi berlangsung tidak efektif.
Maka dari itu, keterampilan mendengarkan tidak bisa dipandang remeh, karena hal ini merupakan salah satu unsur terciptanya komunikasi yang efektif.
Namun tahukah anda bahwa terdapat 5 level yang dilalui dalam keterampilan mendengar supaya anda menjadi pendengar yang baik.
Berikut 5 level mendengar menurut Motivator dan Ice Breaker Number 1 Indonesia, Ferdi Kawi S.T., CPS C.T. NNLP :
1. Mengabaikan
Level pertama yang akan dilalui sebelum menjadi pendengar yang baik adalah mengabaikan.
Terkadang dalam proses komunikasi kita menganggap informasi yang disampaikan oleh komunikator tidak penting.
Hal ini dapat menjadi pemicu seorang mengabaikan lawan bicaranya.
Baca Juga: Bangkit dari Situasi Broken Home, Al Ghazali: Enggak Trauma, Justru…
2. Pura-pura Mendengar
Level ini seringkali dialami saat kita menghadiri acara yang didalamnya menghadirkan speaker untuk menyampaikan materi.
Namun karena kurangnya konsentrasi dan materi yang disampaikan membosankan, membuat kita sebagai pendengar hanya berpura-pura menyimak padahal fikirannya kemana-mana.
Hal ini menyebabkan informasi yang didapat tidak maksimal.
Baca Juga: Dapat Pujian dari Jokowi, Dua Ilmuwan Wanita Indonesia Ini Diakui Dunia atas Prestasinya
3. Mendengar dengan Selektif
Ini merupakan level yang membutuhkan tingkat konsentrasi baik. Level ini menandakan bahwa anda sudah memasuki tahapan menjadi pendengar yang baik.
Memang, semua pesan komunikator anda dengarkan, tetapi tidak semua pesan yang disampaikan komunikator akan ada catat.
Karena pada tahapan ini anda akan selektif dalam menerima informasi yang disampaikan.
Baca Juga: Tips Tetap Bisa Menabung dan Investasi dengan Gaji Rp 4 Juta
4. Mendengar dengan Penuh Perhatian
Level keempat ini merupakan tahapan penting yang harus dilalui untuk menjadi pendengar yang baik.
Pada proses ini, informasi yang disampaikan akan anda dengarkan dengan baik dan penuh perhatian.
Apabila ada informasi yang kurang jelas, anda tidak sungkan untuk menanyakannya.
Karena seluruh konsentrasi telah anda pusatkan penuh kepada lawan bicara anda.
5. Mendengar dengan Penuh Empati
Tips sukses untuk menjadi pendengar yang baik yakni adanya rasa saling menghargai dan empati dalam mendengarkan lawan bicara.
Pada level ini, saat lawan bicara menyampaikan pesan atau bercerita tentang masalah yang ia alami, maka sang pendengar juga seolah-olah merasakan apa yang dialami lawan bicaranya tersebut.
Bahkan puncaknya adalah pendengar tersebut memberikan solusi kepada lawan bicaranya.
Baca Juga: 7 Tanda-tanda Orang yang Bersifat Egois, Adakah di Dalam Diri Anda?
Penulis : Fernando Oktareza
Sumber Foto : Kompas.com